INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MENDUKUNG REFORMASI BIROKRASI DI ERA MASYARAKAT INFORMASI
Abstract
Peningkatan kualitas layanan publik menjadi salah satu prioritas dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi sejalan dengan reformasi pelayanan publik karena setiap penyelenggaran negara akan bermuara pada pelayanan publik. Reformasi birokrasi harus membuat pelayanan publik menjadi lebih cepat, dapat diakses di manapun, murah, dan mudah untuk membentuk citra baik di masyarakat. Hal ini sesuai dengan karakteristik masyarakat saat ini, yakni masyarakat informasi. Masyarakat saat ini tergolong masyarakat yang sadar akan teknologi informasi. Maka, penting untuk mengetahui inovasi-inovasi berbasis teknologi informasi yang telah diciptakan oleh sektor pelayanan publik di tahun 2020 ini serta kontribusinya terhadap reformasi birokrasi. Peneliti menggunakan analisis data sekunder sebagai metode penelitian. Ditemukan kesimpulan bahwa banyak inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang telah dibuat sesuai dengan era masyarakat informasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, Contohnya adalah pada JKN. JKN mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan era masyarakat informasi di kala pandemi. Namun, harus ada komitmen agar pelayanan publik semakin berkualitas. Kata kunci : Inovasi, pelayanan publik, reformasi birokrasi, masyarakat informasi, teknologi informasi
Full Text:
PDFReferences
ndayu, Nessa Putri. 2020. “Transformasi Digital, Pelayanan Publik Di Masa Pandemi.” Ombudsman Republik Indonesia. 2020. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--transformasi-digital-pelayanan-publik-di-masa-pandemi.
Andrews, Lorraine. 2012. “Classic Grounded Theory to Analyze Secondary Data : Reality and Reflections.” The Grounded Theory Review 11 (1).
Apriyadi. 2020. “Digitalisasi Layanan Publik Di Tengah Pandemi Covid-19.” Opini Lentera Pendidikan. 2020. http://www.lenterapendidikan.com/berita/foto/view/digitalisasi-layanan-publik-di-tengah-pandemi-covid-19.html.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2020. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring.” 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/inovasi.
Beniger, James R. 1986. The Control Revolution : Technological and Origins of the Information Society. Cambridge: Harvard University.
MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA, DAN REFORMASI BIROKRASI. 2020. PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2020 TENTANG ROAD MAP REFORMASI BIROKRASI 2020-2024.
Hendrayady, Agus. 2020. “Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Di Era Revolusi Industri 4.0.” KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan 4 (2): 227–38. https://doi.org/10.31629/kemudi.v4i2.1900.
Indrajit, Richardus Eko. 2006. “Electronic Government; Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet Dan Teknologi Informasi.” Aptikom Jakarta.
Kementerian PANRB. 2020. “Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024.” Journal of Chemical Information and Modeling.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2016. “Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.” Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI.
Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2009. “Reformasi Birokrasi.” Web Page. 2009. http://www.menpan.go.id/site/reformasi-birokrasi/makna-dan-tujuan.
———. 2014. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.
Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK. 2020. “SIPONGI Jadi Rujukan Utama Informasi Karhutla Di Indonesia.” PPID Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. 2020. http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/2622.
Menpan RB. 2019. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Dan Badan Usaha Milik. Menpan RB.
Pemerintah Republik Indonesia. 2010. “Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.” Peraturan Presiden Republik Indonesia. http://www.bpkp.go.id/uu/filedownload/5/4/1871.bpkp.
Prasetyo, P, K Wicaksono, T Herwanto, G Mulyadi, and R Malik. 2016. “Proses Dan Implikasi Innovative Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Kabupaten Garut.” Bandung.
Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, Dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: PT. Refika Aditama.
———. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia : Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Edited by Dinah Sumayyah. Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Straubhaar, J, and R LaRose. 2011. Media Now, Understanding Media, Culture and Technology. Belmont: Thomson Wadsworth.
Tini, Dwi Listia Rika. 2019. “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kabupaten Sumenep.” In Seminar Nasional Optimalisasi Sumber Daya Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0.
Yamin, Mohammad. 2019. “Si Juwita Dan Supertajam Kemendagri Raih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.” Sindo News Online, 2019. https://nasional.sindonews.com/berita/1421670/15/si-juwita-dan-supertajam-kemendagri-raih-top-99-inovasi-pelayanan-publik.
Article Metrics
Abstract view : 12549 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.