REFORMASI BIROKRASI DAN INOVASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Didik Muryanto, Rahmad Purwanto Widyastomo

Abstract


Reformasi birokrasi berkaitan dengan upaya menciptakan inovasi. Dalam konteks pemerintahan, inovasi adalah revisi atas sistem yang sedang berjalan serta masih dalam koridor struktur perencanaan jangka panjang. Hal terpenting dalam inovasi tata pemerintahan adalah selalu adanya hal-hal baru baik besar maupun kecil di dalam praktek birokrasi keseharian, sehingga inovasi menjadi ‘rutinitas’ baru di dalam birokrasi. Salah satu peran pemerintah adalah melakukan pemberdayaan masyarakat. Seiring dengan lahirnya kebijakan reformasi birokrasi, maka lahir pula inovasi dalam pemberdayaan masyarakat. Rumusan masalah dalam makalah ini adalah bagaimana peran pemerintah dalam rangka inovasi pemberdayaan masyarakat di era reformasi birokrasi saat ini. Sedangkan tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui peran pemerintah dalam rangka inovasi pemberdayaan masyarakat sejalan dengan kebijakan reformasi birokrasi. Hasil analisa makalah ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat di era reformasi birokrasi menghendaki peran pemerintah sebagai pengarah, memperbaiki peran profesional service menjadi community service. Peran pemerintah dalam konteks tersebut adalah pengurangan hambatan dan kendala-kendala bagi kreativitas dan partisipasi masyarakat, memperluas akses pelayanan untuk menunjang berbagai kegiatan sosial ekonomi masyarakat, dan mengembangkan program untuk lebih meningkatkan kemampuan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat berperan aktif dalam memanfaatkan dan mendayagunakan sumber daya produktif yang tersedia sehingga memiliki nilai tambah tinggi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Farazmand, Ali (ed). 2004, Sound Government; Policy and Administrative Inovations, Westport, London: Preager

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2010a. Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Tahun 2010–2025. Jakarta: Kementerian PANRB.

Marzuki, 2016, Reformasi Birokrasi Dan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Ilmu Pemerintahan Widyapraja, Vol XLII No. 2, Tahun 2016


Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISER


putlocker
google maps generator