OPTIMALISASI FUNGSI TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH (TKPKD) DALAM PERSPEKTIF DISKRESI KEBIJAKAN PENANGANAN KEMISKINAN KOTA SEMARANG

Doni Alfisyahrin

Abstract


Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan mempunyai peran strategis dalam upaya percepatan penurunan angka kemiskinan di Indonesia. Berbagai program telah dibuat dan digulirkan oleh pemerintah dalam berbagai bentuk dalam kurun waktu yang sudah cukup lama. Namun, dalam tahapan implementasi kebijakan ternyata masih banyak menemui berbagai hambatan dan kendala. Pendistribusian bantuan sosial yang belum tepat sasaran (bias distribusi) merupakan salah satu masalah utama yang harus dapat segera dicarikan solusi terbaiknya. Bias distribusi disebabkan karena adanya diskresi yang dilakukan oleh para petugas pelaksana program di lapangan (street level bureaucracy). Kondisi ini telah berdampak pada pencapaian target penurunan angka kemiskinan yang belum optimal.Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Semarang selaku leading sector dalam implementasi kebijakan pengentasan kemiskinan di Kota Semarang.

 


Full Text:

PDF

References


Chambers, Robert, Pembangunan Desa Mulai dari Belakang (Jakarta: LP3ES, 1987). Dillon, H.S. & Hermanto, “Kemiskinan di Negara Berkembang: Masalah Konsep-tual dan Global,” Prisma No.3 Th. XII (Jakarta: LP3ES, 1993).

Dye, Thomas R. 2005. Understanding Public Policy. Pearson Educations, Inc. New Jersey.

Effendi, Tadjuddin N., & Chris Manning, Rural Development Non-farm Employment in Java (Hawai: Resources System Institute, East West Centre, 1991).

Friedman, J., & Alonso (eds.)., Regional Development And Planning: A Reader (Cambridge: Cambridge University Press, 1979).

Hutagaol, Parulian dan Alla Asmara. 2007, Analisis Efektivitas Kebijakan Publik Memihak Masyarakat Miskin : Studi Kasus Pelaksanaan Program Raskin di Propinsi Jawa Barat pada Tahun 2007, Jurnal Agro Ekonomi, Volume 26 Nomor 2, Oktober 2008 :145-165

Jamrozik, Adam, 2001. Social Policy In The Post Welfare State Longman. Australia.

Kartasasmita, Ginanjar, Pembangunan untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan (Jakarta: CIDES, 1996).

Korten, D.C., & Sjahrir, Pembangunan Berdimensi Kerakyatan (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998). Lewis, John P., & Valerian Kallab (eds.), Mengkaji Ulang Strategi-strategi Pembangunan (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1987).

Laksmono, Bambang Shergi. 1999. Permasalahan Akses Dalam Program Penanggulangan Kemiskinan, Disertasi, Universitas Indonesia. Jakarta.

Laksmono, Bambang Shergi dan Rakhmat, 2018. Manajemen Keadilan ± Bias Birokrasi Dalam Implementasi Program Penanggulangan Kemiskinan, UI Publishing, Jakarta.

Lipsky, Michael. 1980. Street Level BureaucracyDilemmas of the Individual in Public Services. Russell Sage Foundation, New York.

Parsons, Wayne. 2008. Public Policy ± Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Rakhmat, 2015. Permasalahan Distribusi Dalam Program Penanggulangan Kemiskinan - Studi Pada Pelaksanaan Program Raskin Di Kota Palembang, Disertasi, Universitas Indonesia. Jakarta.

SMERU, 2008, Efektivitas Pelaksanaan Raskin, Lembaga Penelitian SMERU, Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 708 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISER


putlocker
google maps generator