PEMBUATAN NaCMC DARI BATANG ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes)

Ari Prayitno, Djatmiko Hadi, Rudi Firyanto

Sari


Eceng gondok (Eichhornia crassipes) merupakan jenis tumbuhan yang dianggap sebagai gulma karena dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok umumnya dimanfaatkan sebagai kerajinan dan pupuk organik. Untuk itu perlu upaya pemanfaatan eceng gondok menjadi produk dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi, salah satunya yaitu NaCMC [1]. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi operasi optimum pembuatan NaCMC dengan metode alkalisasi. Percobaan dilakukan pada konsentrasi NaOH 10% dan 30%,  waktu 60 menit dan 120 menit, suhu operasi 25oC dan 60oC. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan metode experiment factorial  level dua. Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh adalah konsentrasi NaOH, kemudian dilakukan optimasi proses dan diperoleh kondisi optimum konsentrasi NaOH 25%, waktu 60 menit, dan suhu operasi 60oC dengan nilai yield sebesar 42,65. Hasil analisa NaCMC pada kondisi optimum diperoleh derajat subtitusi 0,76, kadar NaCl 20,45 %, pH 8,37, viskositas 13 cp. Dari uji karakteristik dapat disimpulkan bahwa NaCMC yang dihasilkan sebagian besar memenuhi syarat Standar Nasional Indonesia (SNI).


Kata Kunci


Alkalized; CMC (Sodium Carboxymethyl Cellulose); Degree of substitution

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anonim. 2015. Pengomposan eceng gondok dengan menggunakan jamur Trichoderma harzianum dan cacing tanah Eisenia fetida. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle. [5 Oktober 2018].

Pitaloka, dkk, 2015, Pembuatan CMC Dari Selulosa Eceng Gondok Dengan Media Reaksi Campuran Larutan Isopropanol-Isobutanol Untuk Mendapatkan Viskositas Dan Kemurnian Tinggi, Jurnal Integrasi Proses Vol. 5, No. 2, Hal. 108 – 114, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Moeksin, dkk, 2016, Pembuatan Bioetanol Dari Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Dengan Perlakuan Fermentsi, Jurnal Teknik Kimia, Vol.22, No.1, Hal.9, Universitas Sriwijaya.

Putera dan Dirga, 2012, Ekstraksi Serat Selulosa Dari Tanaman Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) Dengan Variasi Pelarut, Skripsi, Hal.1, Universitas Indonesia.

Wijayani, dkk, 2005, Karakterisasi Carboxymethyl Cellulose (CMC) dari Eceng Gondok (Eichornia crassipes (Mart) Solms), Indonesian Journal of Chemistry, Hal. 228-231, Universitas Surabaya.

Box, G. E. P, Hunter, J. S, Hunter, W. G, 2005, Statistics for Experients, Second Edition, A Wiley-Intercience Publication, John Wiley and Sons, New Jersey, Hal. 173-183.


Article Metrics

Sari view : 28 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.