Pembuatan Plastik Biodegradable dari Pati Biji Nangka dengan Penambahan Polyvinyl Alcohol (PVA) dan Sorbitol

Kevin Dermawan, Retno Ambarwati Sigit Lestari, Mega Kasmiyatun

Sari


Biji nangka merupakan salah satu bahan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat plastik dengan penambahan beberapa bahan aditif seperti PVA dan sorbitol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penambahan berat PVA dan volume sorbitol terhadap karateristik dari bioplastik yang dilihat dari beberapa analisis parameter. Parameter yang akan diteliti meliputi, tensile strength, dan % elongation. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penambahan massa PVA dan volume sorbitol yang digunakan dalam pembuatan bioplastik dari biji nangka terhadap parameter yang diteliti.

Kata Kunci


Biji Nangka; PVA; Sorbitol; Tensile Strength; % elongation.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Firdaus Feris, Anwar Chairil. 2004, “Potensi Limbah Padat-cair Industri Tepung Tapioka Sebagai Bahan Baku Film Plastik Biodegradable”, LOGIKA, Vol.1, No.2, Yogjakarta.

Handayani, A. P., Wijayanti, H., 2015, “Pembuatan Film Plastik Biodegradable dari Limbah Biji Durian”, JIBAT UNNES. Semarang.

Mukprasirt, A., Sajjaanantakul, K., 2004, “Physico-chemical properties of flour and starch from jackfruit seeds (Arthocarpusheterophyllus Lam.) compared with modified starches”. International Journal of Food Science and Technology, 39, 271-276.

Hodgkinson N., Taylor, M., 2000, ”Thermoplastic poly (vinyl Alkohol) (PVOH)”, J of material world, vol. 8.

McHugh, T. H., J. M. Krochta, 1994, “Milk-protein-based edible films and coatings”, Food Technology, 48(1): 97-103.

Darni, Y., H. Utami dan S.N. Asriah. 2010, “Peningkatan Hidrofobisitas dan Sifat Fisik Plastik Biodegradable Pati Tapioka dengan Penambahan Selulosa Residu Rumput Laut (Euchema spinossum)”, Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v1i1.1388

Article Metrics

Sari view : 1688 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.