PEMANFAATAN KULIT NANAS (Ananas Comosus L.Merr) SEBAGAI BAHAN BAKU BIOETANOL

riska anif fatu rohmah, Retno Ambarwati Sigit Lestari, Sri Mulyaningsih

Sari


Nanas saat ini hanya dimanfaatkan buahnya saja, selain dikomsumsi sebagai buah segar nanas juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri pangan. Dari hasil pengolahan bahan pangan tersebut maka limbah kulit buah nanas yang dihasilkan cukup banyak. Kulit buah nanas mengandung karbohidrat sebesar 17,53%, dengan kandungan karbohidrat maka memungkinkan kulit buah nanas untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bioetanol. Bioetanol itu sendiri merupakan cairan biokimia dari proses fermentasi gula yang bersumber dari karbohidrat dengan menggunakan bantuan mikroorganisme. Penelitian ini menggunakan metode analisa diskriptif dimana penelitian disusun dengan bertahap meliputi penetapan variabel, penyusunan metode kerja serta perhitungan dengan metode analisa data untuk mendeskripsikan data yang diperoleh serta mengambil kesimpulan dari hasil penelitian. Variabel berubah yang telah digunakan yaitu kadar glukosa dan jumlah starter. Dari penelitian yang telah dilakukan menggunakan kadar glukosa 13,98 % dan jumlah jumlah starter yang digunakan 20 gram menghasilkan kadar bioethanol tertinggi yaitu 43,44%.


Kata Kunci


Bioetanol; fermentasi; Nanas; mikroorganisme.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kholiq, Imam., 2015, Pemanfaatan Energi Alternatif sebagai Energi Terbarukan untuk Mendukung Subtitusi BBM, Universitas Wijaya Putra, Surabaya.

Arlianti, Lily., 2018, Bioetanol Sebagai Sumber Green Energy Alternatif yang Potensial Di Indonesia, Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang.

Susanti, Ari Diana., Puspito, T.P., dan Hari P, 2013, Pembuatan Bioetanol dari Kulit Nanas melalui Hidrolisis dengan Asam, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wijana S., Kumalaningsih, Setyowati, A., Efendi, U., dan Hidayat, N., 1998, Optimaslisasi Penambahan Tepung Kulit Nanas dan Proses Fermentasi pada Pakan Ternak terhadap Peningkatan Kualitas Nutrisi, ARMP (Deptan), Universitas Brawijaya, Malang.

Sumerta dan Kanti, 2017, Keragaman Jenis Khamir Penghasil Etanol yang Diisolasi dari Makanan Fermentasi di Kepulauan Riau, Jurnal Biologi Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v2i2.2854

Article Metrics

Sari view : 465 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.