PENGARUH PROSES AERASI TERHADAP PENURUNAN KADAR COD PADA LIMBAH CAIR KARET

Wenny Julita Dyah Setyowati, Retno Ambarwati Sigit Lestari, Ery Fatarina Purwaningtyas

Sari


Limbah cair industri karet yang tidak diolah secara optimal dapat menjadi salah satu penyebab dari kerusakan lingkungan. Mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan maupun perawatan alat pengolahan limbah karet serta keberadaan lahan yang besar kadang membuat para pengelola pabrik karet tidak mengolah limbah yang ada, sehingga air yang dibuang ke lingkungan melebihi baku mutu limbah cair industri karet menurut Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 5 tahun 2012. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pengolahan limbah yang relatif murah dan cukup efisien, yaitu dengan menggunakan metode aerasi. Pengolahan yang dilakukan adalah untuk menurunkan kandungan COD (Chemical Oxygen Demand) yang ada pada limbah cair karet. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian experimental design model factorial design two level dengan batas bawah dan batas atas. Parameter yang dianalisis adalah COD dan pH dengan menggunakan variabel berubah yaitu waktu pengoperasian, tinggi kolom dan berat soda ash. Berdasarkan hasil penelitian variabel yang paling berpengaruh adalah berat soda ash dengan konsentrasi COD sebelum pengolahan sebesar 2600 mg/l, sedangkan setelah diolah konsentrasinya turun menjadi 200 mg/l pada percobaan ke-8. Hasil ini menunjukkan bahwa metode aerasi mampu menyisihkan konsentrasi COD limbah cair industri karet.

 

Kata Kunci : Limbah Cair Karet, COD, pH, Aerasi

Kata Kunci


Teknik Kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2014. “Produksi dan Produktivitas Perkebunan di Indonesia”, Direktorat Jendral Perkebunan, Jakarta.

Chasri Nurhayati dan Basuni Hamzah. 2013. “Optimasi Pengolahan Limbah Cair Karet Remah Menggunakan Mikroalga Indigen dalam Menurunkan Kadar BOD, COD, TSS”, Seminar Hasil Penelitian Industri, Lampung: Universitas Lampung

Nursamsi Sarengat. 2015. “Pengaruh Penggunaan Adsorben Terhadap Kandungan Amonia (NH3-N) Pada Limbah Cair Industri Karet RSS”, Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik, Yogyakarta.

Selvi, A., Jhon Armedi, P. 2016. “Pengaruh Kecepatan Pengadukan Dan Tekanan Pemompaan Pada Kombinasi Proses Koagulasi Dan Membran Ultrafiltrasi Dalam Pengolahan Limbah Cair Industri Karet”, Jom FTEKNIK, Pekanbaru: Universitas Riau

Audiana. 2016. “Pengolahan Limbah Cair Laboratorium Teknik Lingkungan dengan Koagulasi dan Adsorpsi untuk Menurunkan COD, Fe, dan Pb”, Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Dewi Putri, Y., Ria Komala. 2019. “Pengaruh Proses Aerasi Terhadap Pengolahan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Di Ptpn Vii Secara Aerobik”, Vol 4, Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v3i1.3031

Article Metrics

Sari view : 1305 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.