KONVERSI PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR CAIR DITINJAU DARI PENGARUH VARIASI ZEOLIT DAN TEMPERATUR DENGAN METODE PIROLISIS

Tiara Anggraini

Sari


Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya energi baik energi yang bersifat unrenewable resources maupun yang bersifat renewable resoursces. Energi merupakan kebutuhan dasar manusia yang terus meningkat seiring dengan tingkat kehidupan. Bahan bakar minyak (BBM) memiliki posisi yang sangat dominan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. Terkait dengan menipisnya cadangan minyak bumi dan konsumsi bahan bakar yang tinggi, masyarakat berupaya mencari sumber energi alternatif. Produksi bahan bakar minyak alternatif yang dapat dilakukan salah satunya dengan pemanfaatan sampah plastik dengan proses perengkahan. Proses pirolisis dilakukan dengan memanfaatkan limbah plastik jenis PP, mix LDPE dan PP dengan menambahkan katalis zeolit sebagai bahan dasar pembuatan bahan bakar cair. Dari hasil penelitian didapatkan %Rendemen tertinggi 69,31% menggunakan bahan baku mix LDPE dan PP. Setelah dilakukan analisa produk yang dihasilkan pada proses pirolisis ini masuk kedalam spesifikasi bensin.

Kata Kunci


Pirolisis, Limbah Plastik, LDPE, PP, Zeolit, Temperatur.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ekky, W., Zultiniar., dan Edy S. 2016. Pengolahan Sampah Plastik Polipropilena (PP) Menjadi Bahan Bakar Minyak dengan Metode Perengkahan Katalitik Menggunakan Katalis Sintetis. Jurnal Rekayasa Kimia dan Lingkungan Vol.11, No.1, Hal. 17-23.

Endang, K., Mukhtar, G., Nego, A., dan Sugiyana, F.X.A. 2016. Pengolahan Sampah Plastik dengan Metoda Pirolisis menjadi Bahan Bakar Minyak. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan” Pengembangan Teknologi Kimia untuk Pengolahan Sumber Daya Alam Indonesia di Yogyakarta.

Kumar, S., Panda, A.K. dan Singh, R.K. 2011. A Review on Tertiary Recycling of High-Density Polyethylene to Fuel, Resources, Conservation and Recycling Vol. 55 893– 910.

Housmand, D., Roozbeheni., dan Badakhstan, A. 2013. Thermal and Catalytic Degradation Of Polystyrene with a Novel Catalyst. Jounal Emerging Technologies, 5(1), 234-238. Abandan, Iran.

Mustahiroh, S. Pengaruh penambahan Zeolit ZSM-5, HZSM-5 dan HZSM-48 sebagai aditif terhadap sifat fisika kimia katalis CoMo/y- Al2O3 (Bachelor’s Thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Nazarudin, Bakar, A., M, L., Asrial, Gusriadi, D., Y, Z., P, E., K, R., Ulyarti. 2017. Studi Sintesis Katalis Cr/SiO2 Dari Limbah Arang Pabrik Kelapa Sawit Serta Uji Aktivitasnya Pada Proses Perengkahan Katalitik Crude Palm Oil (CPO). Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. Vol.1, No. 2, Hal. 193-199.

Suhartoyo, 2021. Pemanfaatan Sampah Plastik Jenis Polypropylene (PP) Menjadi Bahan Bakar Cair.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v4i2.4336

Article Metrics

Sari view : 224 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.