PRODUKSI GAS HIDROGEN MENGGUNAKAN ALUMINIUM DARI LIMBAH KALENG MINUMAN DENGAN KATALIS NATRIUM HIDROKSIDA (NAOH)

friska ramayanti

Sari


Permintaan gas hidrogen semakin hari semakin meningkat. Gas hidrogen diperkirakan akan menjadi sumber energi terbarukan yang signifikan di masa depan. Terdapat berberapa cara untuk memproduksi gas hidrogen, salah satunya dengan mereaksikan antara aluminium dan air. Aluminium memiliki potensi untuk didaur ulang dan diekstraksi dari produk limbah, salah satunya aluminium dari limbah kaleng minuman. Saat ini juga, sekitar 80% dari sampah perkotaan berasal dari limbah kaleng minuman. Oleh karena itu, pemanfaatan limbah kaleng minuman untuk memproduksi gas hidrogen juga merupakan alternatif untuk memanfaatkan limbah yang tidak terpakai dan merupakan upaya untuk menciptakan energi terbarukan yang lebih mendukung kelestarian lingkungan. Namun, karena adanya lapisan oksida yang mencegah interaksi aluminium dan air, maka diperlukan tambahan katalis agar limbah aluminium dan air dapar bereaksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan  produksi gas hidrogen dari pemanfaatan limbah kaleng minuman dengan bantuan katalis NaOH. Penelitian ini dilakukan dengan mereaksikan 4 gr, 5 gr, 6 gr, dan 7 gr serbuk logam aluminium dengan air menggunakan katalis NaOH 4 M dengan variasi suhu 40oC, 50oC dan 60oC. Gas hidrogen yang dihasilkan dianalisa melalui Portable Multi Gas Detector. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: 7 gr serbuk Al pada suhu 60oC menghasilkan gas hidrogen terbanyak sebesar 57% dengan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi 2 liter gas hidrogen hanya 6 menit, sedangkan 4 gr Al dengan suhu 40oC menghasilkan 21% gas hidrogen dalam 2 liter gas hidrogen yang dihasilkan, dengan waktu reaksi selama 21 menit. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin banyak serbuk Al yang digunakan dan semakin tinggi suhu  akan menghasilkan lebih banyak  gas hidrogen dalam waktu yang lebih singkat.

 


Kata Kunci


Aluminium; Hidrogen; NaOH

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azzahrah, D. (2022). Pemanfaatan Serbuk Aluminium dari Limbah Kaleng Minuman untuk Produksi Hidrogen Menggunakan Katalis KOH (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Bolt, A., Dincer, I., & Agelin-Chaab, M. (2020. Experimental study of hydrogen production process with aluminum and water. International Journal of Hydrogen Energy, 45(28), 14232-14244.

Qamar, Fadhil, A., dan Desti, A. (2022). “Peluang dan Strategi Pengembangan Ekosistem Hidrogen di Indonesia.”. Kompas.id.

Perdana., dan Aditya, P. 2024 “ Hidrogen, Energi Masa Depan yang Sudah di Depan Mata”. Kompas.id.

Setiani, P., Watanabe, N., Sondari, R. R., & Tsuchiya, N. (2018). Mechanisms and kinetic model of hydrogen production in the hydrothermal treatment of waste aluminum. Materials for Renewable and Sustainable Energy, 7, 1-13.

Wahyuni, S., Lukman, H., dan Fikri, H. 2016. “Pemanfaatan Limbah Kaleng Minuman Aluminium Sebagai Penghasil Gas Hidrogen Menggunakan Katalis Natrium Hidroksida (NaOH) .” Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 6(2), 31.

Renaldi., dan Irvan, K. 2018. “Pengaruh Waktu Oksidasi Terhadap Morfologi dan Kekerasan Lapisan Al2O3 Pada Aluminium Menggunakan Metode Plasma Electrolytic“.

Wahyudi, R., Junaidi, R., & Dewi, E. (2023). Pembuatan Nanosilikon dari Abu Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Katalis untuk Proses Hidrogenasi Air. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 901-912.

Simbolon, D. I., Sari, A. F., & Tuty, A. I. (2020). Produksi Gas Hidrogen Menggunakan Aluminium Foil dengan Bantuan Katalis Asam (HCL) dan Basa (NaOH)

Hakim, L., & Marsalin, I. (2018). Pemanfaatan Limbah Aluminium Foil Untuk Produksi Gas Hidrogen Menggunakan Katalis Natrium Hidroksida (NaOH). Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 6(1), 68-81.

Siregar, Y. D. I. “Produksi Gas Hidrogen Dari Limbah Alumunium.” Jurnal Kimia VALENSI 2, no. 1 (November 1, 2010). https://doi.org/10.15408/jkv.v2i1.236.

Sitohan., Lentina., Lukman, H., dan Fikri, H. “Pemanfaatan Limbah Kaleng Miniuman Aluminium Untuk Produksi Gas Hidrogen Menggunakan Katalis Kalium Hidroksida (KOH).” Jurnal Teknologi Kimia Unimal 6, no. 1 (March 23, 2018): 55. https://doi.org/10.29103/jtku.v6i1.469.

Ali, M. (2020). Produksi Gas Hidrogen (H2) dari Limbah Tekstil Sebagai Sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v5i2.5293

Article Metrics

Sari view : 48 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.