Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Reaksi Pasar Yang Dimoderasi Investment Opportunity Set
Abstract
Abstract
The objective of this study is to examine influence of firm size toward market reaction with Investment Opportunity Set as moderation variable. The variables used in this research are by firm size, firm size with market to book assets ratio as a moderation variables, firm size with market to book equity ratio as a moderation variable, firm size with price to earning ratio as a moderation variables, and market reaction. The population are all manufacture company member of Indonesia Stock Exchange in 2008 and 2009 periods. The sample are 46 samples that eliminated using purposive sampling. The analysis methods are using multiple regression analysis. The measurement of the market reaction is using Cumulative Abnormal Return. The result of this study are firm size, firm size with market to book assets ratio as a moderation variable, firm size with market to book equity ratio as a moderation variable, firm size with price to earning ratio as moderation variable have no influence toward the market reaction.
Key words : firm size, market to book assets ratio, market to book equity ratio, price to earning ratio, and market reaction.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan terhadap reaksi pasar dengan Peluang Investasi sebagai variabel moderasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan dengan pasar untuk rasio buku aktiva sebagai variabel moderasi, ukuran perusahaan dengan pasar untuk rasio buku ekuitas sebagai variabel moderasi, ukuran perusahaan dengan harga untuk mendapatkan rasio sebagai variabel moderasi, dan reaksi pasar. Populasi adalah semua perusahaan manufaktur anggota Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008 dan 2009. Sampel yang digunakan adalah 46 sampel yang dihilangkan dengan menggunakan purposive sampling. Metode nalisis menggunakan analisis regresi berganda. Pengukuran reaksi pasar menggunakan Abnormal Return kumulatif.Hasil penelitian ini adalah ukuran perusahaan, ukuran perusahaan dengan pasar untuk rasio aset buku sebagai variabel moderasi ukuran, perusahaan dengan rasio pasar untuk buku ekuitas sebagai variabel moderasi, ukuran perusahaan dengan harga untuk mendapatkan rasio sebagai variabel moderasi tidak memiliki pengaruh terhadap reaksi pasar.
Kata kunci: ukuran perusahaan, pasar untuk rasio buku aset, pasar untuk rasio buku ekuitas, harga untuk mendapatkan rasio, dan reaksi pasar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v25i1.187
Article Metrics
Abstract view : 1212 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.