Strategi Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Industri Mebel Skala Menengah Di Jepara

Frans Sudirjo

Abstract


ABSTRAK
Tujuan utama studi ini adalah mengembangkan sebuah model konseptual pemasaran mengenai orientasi litbang dan alur-alur stratejik yang dapat ditapaki untuk meningkatkan kinerja perusahaan.Target khusus studi ini menguji secara empiric pengaruh intensitas litbang terhadap inovasi produk, pengaruh pengelolaan pengetahuan pesaing terhadap inovasi produk,
dan pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran.
Teknik sampling berdasarkan simple random sampling, Sampel yang digunakan adalah 110 direktur industri mebel skala menengah di Jepara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
didapat dengan cara wawancara. Pengumpulan data dengan menggunakan kombinasi pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup, yang diberikan kepada responden. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).
Temuan teoritis dalam studi ini adalah memperkaya literatur menciptakan inovasi dapat meningkatkan kinerja perusahaan.Sedangkan temuan manajerial dalam studi ini adalah strategi inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada industry mebel skala menengah di Jepara.
Kata Kunci : Litbang, pesaing, inovasi, kinerja
ABSTRACT
The main purpose of this study is to develop a conceptual model of marketing on R & D orientation and strategic pathways that can improve company performances. Specific target of this study empirically test the influence of R & D intensity of product innovation, knowledge management influence the competition for product innovation, and product innovation influence on marketing performance.
Sampling technique based on simple random sampling, sampel used was the director of 110 medium-scale furniture industry in Jepara. Data obtained in this study obtained by interview. The collection of data done by using a combination of open questions and closed questions, which is given to the respondent. The data collected then analyzed with a technique using SEM.
Theoretical findings in this study were to enrich the literature of creating innovation can improve business performance. While managerial findings in this study is to model the development of medium-scale furniture industry performance of the strategic improve performance marketing.
Keywords : research and development, competitor, innovation, performance



DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v26i2.198

Article Metrics

Abstract view : 839 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.