Persepsi Kualitas Dan Citra Pelayanan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Di Kota Semarang

Imam Gozali

Abstract


Abstrak

Persepsi menggambarkan evaluasi perasaan yang akan berdampak pada perilaku. Demikian juga citra akan membangun kepercayaan. Kualitas pelayanan Puskesmas merupakan hal penting untuk memenuhi kebutuhan jasa kesehatan bagi masyarakat yang dapat memenuhi harapan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Mutu pelayanan yang memuaskan akan menciptakan pelanggan yang loyal (customer loyalty). Persepsi masyarakat mengenai kualitas pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dapat ditinjau dari 5 (lima) dimensi Parasuraman et.all (1988) yaitu: tangible, reliability, responsibility, assurance dan emphaty. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang pernah berobat ke Puskesmas. Adapun jumlah informan yang terlibat pada  penelitian ini adalah 60 orang, yang pernah berobat ke Puskesmas di 8 (delapan) Puskesmas di kota Semarang dalam hal ini peneliti memilih masyarakat yang berstatus non Jamkeskin. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh diskripsi aktual mengenai mutu pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Semarang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara dengan informan yang dapat dipercaya sebagai pengguna jasa. Manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu memberi kontribusi kepada pihak Puskesmas agar mengetahui persepsi masyarakat mengenai kondisi aktual pelayanan yang diberikan saat ini, Disisi lain, masyarakat dapat mengambil keputusan kemana akan menggunakan jasa pelayanan kesehatan jika membutuhkan perawatan kesehatan. Hasil penelitian merekomendasikan masih terdapat persepsi negatif mengenai gedung dan sarana prasarana dan pelayanan yang kurang menyenangkan, memiliki kesan buruk, rendah pada dimensi empati.

Key word : perseption, image, service quality, customer layalty

 

Abstract

Describe the feeling perception evaluation will have an impact on behavior. Similarly, the image will build trust. Quality of PHC services is essential to meet the needs of health services for people who can meet the expectations of customer satisfaction (customer satisfaction). Satisfactory quality of service that will create a loyal customer (customer loyalty). Perceptions of service quality Community Health Center (Puskesmas) can be viewed from 5 (five) dimensions et.all Parasuraman (1988), namely: tangible, reliability, responsibility, assurance and empathy. The population in this study is the city of Semarang who never went to the health center. As for the number of informants who were involved in this study were 60 people, who never went to the health center in 8 (eight) Community Health Center in the city of Semarang in this case the researchers chose a non-status people Jamkeskin. This study uses qualitative analysis in order to obtain the actual description of the quality of service of Community Health Center (Puskesmas) Semarang. Methods of data collection by questionnaires and interviews with informants who can be trusted as a service user. The benefits of this research is expected to contribute to the health center in order to determine the public perception of the actual conditions of service given at this time, the other hand, people can take a decision where to use health care services if they need health care. The results recommend there are negative perceptions regarding the building of infrastructure and services and less enjoyable, have a bad impression, low on empathy dimension.

Key word : perseption, image, service quality, customer layalty

 




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v28i2.214

Article Metrics

Abstract view : 454 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen



View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.