Pergerakan Harga Saham Di Indonesia Disebabkan Oleh Kedatangan Informasi Dan Noise
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi secara empiris pergerakan harga saham di Indonesia yang disebabkan oleh kedatangan informasi dan noise. Perbedaan antara noise dan informasi ditunjukkan oleh perbedaan nilai autokorelasi, yang menunjukkan nilai-nilai autokorelasi negatif noise, sedangkan nilai autokorelasi positif atau nol menunjukkan tidak ada noise melainkan kedatangan informasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di indeks LQ-45 untuk tahun 2009 dan 2011. Hasil penelitian menunjukkan volatilitas harga saham di Indonesia disebabkan oleh noise dan kedatangan informasi. Informasi tentang periode malam ini mempengaruhi return on periode malam dua hari kemudian. Selain itu, informasi kembali pada periode perdagangan hari ini mempengaruhi volatilitas harga saham periode nanti malam. Sementara koreksi yang disebabkan oleh noise yang dibuat selama periode perdagangan. Volatilitas harga saham karena kedatangan informasi dan noise tidak sensitif terhadap ukuran perusahaan dan pasar up-down
Kata Kunci: volatilitas harga, informasi, noise
Abstract
The purpose of this research is to examine the price volatility of stock reflects information and noise. The difference between noise and information indicated by the difference in the value of the autocorrelation, which indicates negative autocorrelation values of noise, while the autocorrelation value is positive or zero indicates no noise but rather the arrival of information. Sample used in this study are the firms listed in the LQ-45 indexesfor the year of 2009 and 2011. Results showed price volatility of stock in Indonesia are caused by noise and arrival information. Information on this night period affects the return on the period of the night two days later. In addition, information returns on this day trading period affect the price volatility of stock period later that evening. While the correction caused by the noise made during the trade period. The price volatility of stock due to the arrival of information and the noise is not sensitive to the size of the company and up-down market conditions, but sensitive to trading volume.
Keywords: price volatility, information, noise
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v29i1.216
Article Metrics
Abstract view : 643 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.