Pengaruh Pendidikan Berwirausaha Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa

Bukirom Haryo Indradi Andi Permana , Martono

Abstract


Abstrak

 

Perguruan tinggi memegang peranan penting dalam mendidik dan memotivasi para mahasiswa untuk menjadi wirausahawan. Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis  pengaruh pendidikan berwirausaha dan motivasi berwirausaha terhadap pembentukan jiwa entreprenship di kalangan mahasiswa.

Populasi penelitian adalah mahasiswa peserta program pendidikan/pelatihan entrepreneurship yang diselenggarakan oleh BPD HIPMI Jawa Tengah dan peserta Program Pengembangan Softskill  Universitas Dian Nuswantoro Semarang sejumlah 228 orang. Sampel penelitian sejumlah 74 orang diperoleh dengan menggunakan Rumus Slovin. Metode pengambilan sampel  menggunakan quota random sampling.

 Metode analisis menggunaan analisis regesi linier berganda dengan alat bantu SPSS v. 16. Analisis data meliputi uji kualitas data (uji reliabilitas, uji validitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonearitas, dan uji heteroskedastisitas), uji kebaikan model (Uji F, koefisien determinasi), dan uji hipotesis (uji t).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan berwirausaha dan motivasi berwirausaha mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan jiwa entrepreneurship.

 

Kata kunci :     Pembelajaran  berwirausaha, motivasi berwirausaha,  jiwa  entrepreneurship

 

Abstract

 

Higher education  plays an important role in educating and motivating the students to become entrepreneurs. This study aimed to analyze the influence of entrepreneurship education and achievement motivation on the formation of the soul entreprenship among students.

The population were  students participating in educational programs / training entrepreneurship organized by BPD HIPMI Central Java and Development Program participants Softskill Dian Nuswantoro University Semarang,  consist of  228 people. The research sample number 74 was obtained by using the Slovin formula. Quota sampling method using Random sampling.

The method of analysis uses multiple linear regession analysis tools SPSS v. 16. Analysis of the data include data quality test (reliability, validity), classical assumption test (normality, multikolonearitas, and heteroscedasticity),  goodness fit model (F-test, the coefficient of determination),the hypothesis test (t test).

The results showed that entrepreneurship learning and entrepreneurship motivation has a positive and significant influence on the formation of entrepreneurial spirit.

 

Keywords : entrepreneurship education, achievement motivation, spirit of entrepreneurship





DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v29i2.225

Article Metrics

Abstract view : 1218 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.