Pengaruh Pendidikan Berwirausaha Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa
Abstract
Abstrak
Perguruan tinggi memegang peranan penting dalam mendidik dan memotivasi para mahasiswa untuk menjadi wirausahawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan berwirausaha dan motivasi berwirausaha terhadap pembentukan jiwa entreprenship di kalangan mahasiswa.
Populasi penelitian adalah mahasiswa peserta program pendidikan/pelatihan entrepreneurship yang diselenggarakan oleh BPD HIPMI Jawa Tengah dan peserta Program Pengembangan Softskill Universitas Dian Nuswantoro Semarang sejumlah 228 orang. Sampel penelitian sejumlah 74 orang diperoleh dengan menggunakan Rumus Slovin. Metode pengambilan sampel menggunakan quota random sampling.
Metode analisis menggunaan analisis regesi linier berganda dengan alat bantu SPSS v. 16. Analisis data meliputi uji kualitas data (uji reliabilitas, uji validitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonearitas, dan uji heteroskedastisitas), uji kebaikan model (Uji F, koefisien determinasi), dan uji hipotesis (uji t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan berwirausaha dan motivasi berwirausaha mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan jiwa entrepreneurship.
Kata kunci : Pembelajaran berwirausaha, motivasi berwirausaha, jiwa entrepreneurship
Abstract
Higher education plays an important role in educating and motivating the students to become entrepreneurs. This study aimed to analyze the influence of entrepreneurship education and achievement motivation on the formation of the soul entreprenship among students.
The population were students participating in educational programs / training entrepreneurship organized by BPD HIPMI Central Java and Development Program participants Softskill Dian Nuswantoro University Semarang, consist of 228 people. The research sample number 74 was obtained by using the Slovin formula. Quota sampling method using Random sampling.
The method of analysis uses multiple linear regession analysis tools SPSS v. 16. Analysis of the data include data quality test (reliability, validity), classical assumption test (normality, multikolonearitas, and heteroscedasticity), goodness fit model (F-test, the coefficient of determination),the hypothesis test (t test).
The results showed that entrepreneurship learning and entrepreneurship motivation has a positive and significant influence on the formation of entrepreneurial spirit.
Keywords : entrepreneurship education, achievement motivation, spirit of entrepreneurship
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v29i2.225
Article Metrics
Abstract view : 1641 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.