Analisis Pengaruh Laba Bersih Dan Komponen Akrual Terhadap Arus Kas Di Masa Mendatang (Studi Empiris Di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

Migayana Andalan Tri Ratnawati

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh laba bersih, komponen akrual terhadap arus kas di masa mendatang. Data yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2009-2013 yang dipublikasikan melalui www.idx.com.

Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 45 perusahaan manufaktur yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, dimana dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu, sebelum pengujian hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel laba bersih, perubahan persediaan, dan perubahan utang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap  arus kas 1 tahun ke depan. Sedangkan perubahan piutang tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap arus kas 1 tahun ke depan. Hal ini disebabkan karena piutang yang digunakan dalam penelitian ini merupakan piutang usaha yang memiliki umur piutang kurang dari 90 hari.

 

Kata Kunci  :  Laba bersih, Perubahan Piutang, Perubahan Persediaan, Perubahan Utang, Arus  Kas Masa Depan.

 

Abstract

 

This study is an empirical study aimed to analyze the effect of net income, the accrual component of the  cash flows in the future. The data used are the financial statements of companies listed on the Stock Exchange in 2009-2013, published by www.idx.com.

The number of samples in this study were 45 manufacturing companies that are selected using purposive sampling method. The analysis technique used in this research is multiple linear regression, which performed classical assumption in advance, before testing the hypothesis.

The results showed that the variable net income, changes in inventories, and  the change in debt have significant influence on the cash flow one year to the next. While the change in accounts receivable has no significant influence on the cash flow one year to the next. This is because the accounts used in this study is an accounts receivable aging has less than 90 days.

 

Keywords : Net income, Changes in Accounts Receivable, Inventory Change, Changes in Debt, Cash Flow Period next




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v29i2.227

Article Metrics

Abstract view : 1782 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.