Pengaruh Promosi Terhadap Persepsi Suatu Negara, Memori Otobiografi, Ikatan Emosional, Dan Niat Berkunjung Pada Pelanggan Tour And Travel Di Tangerang

Ida Puspitowati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap persepsi suatu negara, memori Otobiografi (AM), ikatan emosional (EB), dan niat berkunjung. Ingin diketahui  pengaruh langsung maupun tidak langsung dari ke lima variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 300 responden pada beberapa perusahaan Tour and Travel yang berlokasi di Tangerang, menggunakan 7 hipotesis dan menggunakan analisis jalur pada  progran SPSS, untuk menentukan mana yang dianggap sebagai pengaruh langsung maupun tak langsung  yang mengarah ke niat untuk berkunjung ke suatu negara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, promosi dan persepsi suatu negara; promosi dan memori otobiografi; promosi dan ikatan emosional berpengaruh terhadap niat berkunjung. Namun secara parsial, hanya promosi yang berpengaruh terhadap niat berkunjung, baik itu setelah melalui variabel  persepsi suatu negara, memori otobiografi dan ikatan emosional  secara tidak langsung, maupun secara langsung.

Melalui penelitian ini  diharapkan dapat memberikan informasi  khususnya bagi sektor pariwisata untuk mengetahui fungsi promosi bagi suatu negara dalam menarik niat berkunjung. Pada sisi lainnya promosi dapat menciptakan EB atau AM yang dapat dikembangkan secara berkelanjutan oleh industri pariwisata. Selanjutnya, pemasar memerlukan pemikiran strategi pemasaran yang tepat untuk menciptakan sebuah ikatan emosional yang kuat bagi pengunjung pada suatu Negara.

 

Kata kunci:  promosi, persepsi, memory otobiografi, ikatan emosional dan niat berkunjung

 

Abstract

This study was intended to understand the influence of promotion on the perception of a country, authobiographic memory (AM), emotional ties (EB), and the intention to visit. It was to understand the direct and indirect of those five variables. The study was conducted by using 300 respondents at some Tour and Travel agents located in Tangerang, with seven hypotheses using the SPSS Path Diagram analysis to determine which ones would be considered as directly or indirectly influencing in their intentional decision to visit a country.

The research results show that simultaneously promotion and perception of a country, promotion and authobiographic memory, promotion and emotional ties were found to be influencing the visit intemtion. Partially, though, only promotion was found to be influencing it, either through the variable of a country perception, authobiographic memory and emotional ties, directly or indirectly.

Through this study it is hoped that this study can reveal information specially related to the tourism sector to understand the function of promotion for a country in attracting the visiting intention. On the other end, promotion can create EB or AM which can be substainably developed by the tourism industry. Sequentially, marketer need to build appropriate strategic marketing thinking to create strong emotional ties for a country’s visitors.

Key words: promotion, perception, authobiographic memory, emotional ties and visit intention




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v30i2.244

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.