Determinan Kredit Perseorangan (Personal Loan) (Studi Kasus pada Nasabah Personal Loan PT. Bank Jateng)

Himawan Arif Sutanto, Muliawan Hamdani

Abstract


Abstrak

Secara umum, kredit perorangan adalah kredit konsumen yang dapat digunakan baik untuk pembelian barang, pendidikan dan keperluan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh umur, penghasilan, ukuran keluarga, penghasilan, jenis kelamin terhadap kredit perorangan di PT. Bank Jateng. Ada 100 orang nasabah PT. Bank Jateng sebagai sampel penelitian yang diambil dengan cara aksidental. Analisis data penelitian menggunaklan analisis regresi linier berganda.   Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penghasilan, jumlah  keluarga, gender dan pekerjaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kredit perorangan di PT. Bank Jateng. Sedangkan umur responden tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kredit perorangan di PT. Bank Jateng. Nilai adjusted R2 didapatkan sebesar 0,758 yang dapat diartikan bahwa varian dari Kredit perorangan dapat dijelaskan dengan umur, pendapatan, jumlah keluarga, gender, dan pekerjaan sebesar 75, 8 %, sedangkan 24,2 % dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian

Kata kunci : kredit, personal kredit, Bank Jateng

 

Abstract

In general, personal loans are consumer loans can be used for both the purchase of goods, housing, education and others. The purpose of this study was to analyze the influence of age, income, family size, sex, and work towards personal loan PT. Bank Jateng. There  are 100 household as customer PT. Bank Jateng were sampled by accidental sampling. Multiple linear regression analysis was used to analyze the data of this study. The results showed that income, family size, gender and employment had significant affect on the personal loans at  PT. Bank Jateng. While the age of the respondents did not have significant affect the personal loans at  PT. Bank Jateng. R2ajd value of 0.758 which means that the variation of personal loans (PLO) can be explained by age, income, family size, gender and occupation of 75.8% of customers. While other factors explained 24.2% outside factors in the model.

 

Keywords: Credit, Personal Loan, PLO, Bank Jateng.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v31i1.286

Article Metrics

Abstract view : 472 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.