Analisis Efektivitas Kinerja Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Berbasis Masyarakat

Siti Almaidah

Abstract


ABSTRAK

 

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas kinerja Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam menyelenggarakan pendidikan berbasis masyarakat di wilayah Kabupaten Karanganyar. PKBM merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal, yang didirikan dan dikelola oleh masyarakat sendiri dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta bakatnya sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk dalam meningkatkan pendapatannya. Tidak jarang PKBM menghadapi persoalan dan kendala dalam meningkatkan fungsi dan kinerjanya, terutama dalam menyelenggarakan program pendidikan yang berbasis pada masyarakat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 PKBM. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dalam setting tertentu yang ada dalam kehidupan riil (alamiah) dengan maksud menginvestigasi dan memahami fenomena yang terjadi, peristiwa, sikap, pemikiran, individu atau kelompok.

 

Kata Kunci: PKBM, kinerja, pendidikan berbasis masyarakat, kualitas hidup.

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine level of performance effectiveness of Community Learning Center (CLC) in conducting community based education in Karanganyar District. CLC is one of the non formal education units, established and managed by the community itself with the aim of improving knowledge and skills, as well as his talent so as to improve the quality of his life, including in increasing its income. Not infrequently CLC has problems and constraints in improving its function and performance, especially in organizing education programs based on the community. The sample in this research is 25 CLC. The sampling technique is done by total sampling method. In this research using qualitative approach, which is done in certain settings that exist in real life (natural) with the intent to investigate and understand the phenomenon that occurs, events, attitudes, thoughts, individuals or groups.

 

Keywordscommunity learning center, performance, community based education, quality of life




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v32i2.541

Article Metrics

Abstract view : 2202 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.