Analisis Model Relasional Jejaring Sebagai Katalisator Dalam Membangun Kinerja Bisnis

Ahmad Sidiq, Handayani Tri Wijayanti

Abstract


Abstrak

Kesuksesan entrepreneur diukur dari kehandalannya menggabungkan atau mengkombinasikan aset berwujud dan tak berwujud yang dimiliki UKM sehingga mampu mendobrak semua hambatan yang dihadapi UKM yaitu keterbatasan akses pasar dan akses modal, sumber daya yang cenderung rendah, minimnya modal kerja maupun rendahnya kemampuan untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada. Berbagai perilaku yang digunakan entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya maupun berinteraksi dengan stakeholder mengarah pada relasional jejaring dan kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor yang mampu memperluas relasional jejaring entrepreneur dan faktor konsekuensi dari adanya relasional jejaring yang dimiliki oleh seorang entrepreneur. Faktor-faktor tersebut sangat berkaitan dengan pencapaian kinerja bisnis pada UKM. Populasi penelitian ini adalah UKM sektor manufaktur di wilayah Surakarta dengan sampel sebanyak 127 UKM. Metode pemilihahan sampel adalah convenience sampling dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Partial Least Square (PLS) dalam pengolahan data penelitian. Hasil analisis data menunjukkan kinerja bisnis dapat dijelaskan oleh kompetensi sosial, relasional jejaring dan orientasi berbagi pengetahuan sebesar 69.5%. Adapun hasil pengujian hipotesis menunjukkan kinerja bisnis dipengaruhi oleh kompetensi sosial, relasional jejaring dan orientasi berbagi pengetahuan. Selain itu kompetensi sosial berpengaruh pada relasional jejaring dan relasional jejaring memberi pengaruh pada orientasi berbagi pengetahuan. 

Kata Kunci : kompetensi sosial, relasional jejaring, berbagi pengetahuan, kinerja bisnis

Abstract

The success of the entrepreneur is measured by reliability merge or combine the tangible assets and intangible owned by SMEs so as to break down all the barriers faced by SMEs is limited access to markets and access to capital, resources tend to be low, the lack of working capital and lack of ability to take advantage of market opportunities. The various behaviors used by entrepreneurs in conducting their business or interacting with stakeholders lead to the relational networking and social competence that an entrepreneur must possess. This study aims to examine the factors that are able to expand the relational network of entrepreneurs and the consequence factors of the existence of relational networks owned by an entrepreneur. These factors are closely related to the achievement of business performance on SMEs. The population of this study is SME manufacturing sector in the Surakarta region with a sample of 127 SMEs. The method of sample selection is convenience sampling and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Square (PLS) aid in data processing research. The results of data analysis show business performance can be explained by social competence, network relational and knowledge sharing orientation of 69.5%. The results of hypothesis testing show business performance is influenced by social competence, network relational and knowledge sharing orientation. In addition, social competence affects the relational networks and relational networks affect the orientation of knowledge sharing.

Keywords: Social Competence, Network Relational, Knowledge Sharing, Business Performance


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24856/mem.v33i1.560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.