Diversitas Gender dan Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diversitas gender dan corporate social responsibility serta untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dalam memediasi hubungan antara diversitas gender dengan nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder atas perusahaan yang terdaftar di BEI. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Adapun teknik analisis data penelitian menggunakan bootstrapping. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama, bahwa diversitas gender_CEO, CFO dan AC berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility, sedangkan diversitas gender_COM tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Kedua, corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan mengontrol variabel diversitas gender_CEO, diversitas CFO dan COM, selain itu juga menghasilkan koefisien yang positif. Namun demikian, corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan mengontrol variabel diversitas gender_AC. Ketiga, corporate social responsibility memediasi hubungan antara diversitas gender_CEO dan CFO dan nilai perusahaan, sedangkan hubungan antara diversitas gender-COM dan AC dan nilai perusahaan tidak mampu dimediasi oleh corporate social responsibility.
Kata Kunci : diversitas gender, corporate social responsibility dan nilai perusahaanFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v33i2.668
Article Metrics
Abstract view : 2456 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Media Ekonomi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.