Model Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Jawa Tengah

Janti Soegiastuti C. Sri Haryanti

Sari


 

ABSTRACT

 

Marketing performance is a common factor used to measure the impact of marketing strategies adopted by the company. The purpose of this study was to analyze the effect of communication quality towards  Coordination Effort, the effect Environmental factors  on innovation, the effect of  individual performance on Creativity, the effect of Creativity Dissatisfaction on Creatifity, the effect  of the Coordination efforts, Innovation and  Creativity towards Marketing Performance. The population is the entire SME industry convection, in the province of Central Java with a total sample of 100 SMEs. This study uses SEM with Amos analysis tools.

The results showed that significantly influence the quality of communication Coordination Effort, Environmental Factors significant effect on innovation, performance and Dissatisfaction Individuals significant effect on creativity, business coordination, Innovation, Creativity Marketing significant effect on performance.

 

Key words: marketing performance, creativity, innovation, coordination effort

 

 

ABSTRAK

 

Kinerja pemasaran merupakan faktor umum yang digunakan untuk mengukur dampak dari strategi pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas komunikasi terhadap Usaha Koordinasi, pengaruh Faktor Lingkungan terhadap Inovasi, pengaruh Kinerja Individu terhadap Kreativitas, pengaruh Ketidakpuasan terhadap Kreatifitas, pengaruh Usaha koordinasi, Inovasi dan Kreaifitas terhdap Kinerja Pemasaran.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKM industri konveksi, di Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah sampel sebanyak 100 UKM. Penelitian ini menggunakan SEM dengan alat analisis  Amos.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Kualitas komunikasi berpengaruh signifikan terhadap Usaha Koordinasi, Faktor Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap Inovasi, Kinerja Individu dan Ketidakpuasan berpengaruh signifikan terhadap Kreatifitas, Usaha koordinasi, Inovasi, Kreatifitas berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran.

Kata kunci: kinerja pemasaran, kreativitas, innovasi, usaha koordinasi


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 992 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.