Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Pada PT.Pertani (Persero) Cabang Pekalongan

Budi Susdiarto Adi Eko Priyono Endang Swastuti

Abstract


ABSTRACT

This research aimed to analyze the effect of the product and price to customer loyalty. In addition, this research also aims to analyze the effect of mediating variables purchasing decisions on relationship between product and price to consumer loyalty.

Population is taken consumers who purchase rice seeds at PT. Pertani (Persero) Pekalongan Branch. Samples are taken about 100 respondents. A questionnaire was used for Data collection methodThe analysis technique used is the Structural Equation Model (SEM).

The results showed that: 1) Product had positive and significant impact to purchasing decisions. 2) Price had positive and significant impact to purchasing decisions. 3) Purchasing decision had positive and significant impact to customer loyalty rice seeds PT. Pertani (Persero) Pekalongan Branch.

 

Keywords : product, price, purchasing decision, consumer loyalty

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk dan harga terhadap loyalitas konsumen. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel mediasi keputusan pembelian pada hubungan  antara produk dan harga terhadap loyalitas konsumen.

            Populasi penelitian adalah konsumen yang melakukan pembelian benih padi pada PT. Pertani (Persero) Cabang Pekalongan. Sampel penelitian teridiri dari  100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara angket. Analisisa data menggunakan Structural Equation Model (SEM).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen benih padi pada PT. Pertani (Persero) Cabang Pekalongan.

 

Kata Kunci : produk, harga, keputusan pembelian, loyalitas konsumen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.