PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN SEMARANG – BAWEN SEMARANG STA 32+000 – STA 34+000 DENGAN METODE NAASRA

Aris Krisdiyanto, A Resti Dwiyantoro, Endah Wahyu Tri K

Sari


Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah maupun nasional, menyebabkan volume lalulintas kendaraan menjadi bertambah dari tahun ketahun. Dengan padatnya arus laulintas, beban jalan yang diterima akan semakin besar sehingga jalan akan mengalami penurunan kekuatan struktur. Ruas jalan Semarang – Bawen merupakan jalur penghubung yang mempunyai peran penting dalam mendukung laju pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dan Nasional.
Ruas jalan Semarang – Bawen mempunyai eksisting jalan yang bergelombang, hal ini dikarenakan konstruksi perkerasan yang ada sekarang ini yaitu perkerasan lentur tidak mampu menahan berat beban kendaraan yang melintas diatasnya. Melihat permasalahan tersebut, mala pada ruas jalan Semarang – Bawen terebut perlu adanya peningkatan struktur jalan yang lebih kuat yaitu dengan menggunakan perencanaan perkerasan kaku.
Dari latar belakang tersebut, maka pada ruas Semarang – Bawen dilakukan perencanaan peningkatan jalan agar struktur jalan dapat menahan beban kendaraan yang melewati ruas tersebut. Peningkatan jalan tersebut dari flexible pavement ke rigid pavement, dengan lebar jalur 7 m x 2 dan tebal perkerasan 30 cm.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 271 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.