STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN DARI FLEXIBLE PAVEMENT KE RIGID PAVEMENT DENGAN METODE AASTHO 1993 PADA RUAS JALAN CENGKALSEWU BATAS KAB.KUDUS - KEC.SUKOLILO STA. 1+000 – STA. 3+200

Kemmala Dewi, A Resti Dwiyantoro, Alam Sugeng Prayitno

Sari


Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah maupun Nasional, menyebabkan volume lalu lintas kendaraan menjadi bertambah dari tahun ke tahun. Dengan padatnya arus lalu lintas, beban jalan yang di terima akan semakin besar sehingga jalan akan mengalami penurunan kekuatan struktur. Pembangunan ruas jalan Cengkalsewu batas Kab.Kudus - Kec.Sukolilo adalah bagian dari proyek pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah, yang diharapkan mampu meningkatkan pelayanan lalu lintas. Exiting ruas jalanCengkalsewubatasKab.Kudus - Kec.Sukolilosaatiniadalah 2 lajur 2 arahtanpa median (2/2 UD), lebarperlajur 3 m denganperkerasanlenturdanlebarbahujalan 1 m.
Dari latar belakang tersebut, maka ruas jalan Cengkalsewu batas Kab.Kudus - Kec.Sukolilo dilakukan perencanaanpeningkatan dari flexible pavement ke rigid pavement sepanjang 2,2 km, dengan lebar jalur 3,5 m x 4 dan tebal perkerasan 26 cm perencanaan tersebut meliputi perencanaan kelas jalan dengan menghitung kapasitas jalan untuk umur rencana sampai 20 tahun dengan metode AASTHO.

Article Metrics

Sari view : 183 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.