PERENCANAAN JALAN REL KERETA API TRASE STASIUN NGROMBO – GAMBRINGAN KM 58+000 – 60+000 LALU LINTAS KELAS 1

Aris Krisdiyanto, Ema Nurrohmah

Sari


Moda transportasi kereta api ialah salah satu moda transportasi yang sangat digemari oleh
warga Indonesia. Hingga tak heran apabila akhir-akhir ini pengembangan terus menerus dicoba
demi mewujudkan pelayanan publik yang baik serta aman. Pentingnya jalan kereta api sebagai
prasarana perkeretaapian diwajibkan perencanaan cocok dengan persyaratan teknis jalan kereta api
bisa berjalan dengan baik dan mendukung proses transportasi ereta api. Dalam Tugas Akhir ini
dilakukan perencanaan Jalan Rel pada ruas antara Stasiun Ngrombo dan Stasiun Gambringan.
Dimulai dari KM 58+000 hingga KM 60+000. Struktur atas ( rel, penambat, bantalan, wesel,
sambungan), struktur bawah (balas, sub-balas), Perencanaan mengacu pada Peraturan Dinas 10
Peraturan Perencanaan Konstruksi Jalan Rel. Dari hasil perhitungan didapat penempatan trase jalur
ganda sepanjang ± 2 km, Jalan rel didesain menggunakan jenis rel R.54 dengan lebar sepur 1067
mm, kecepatan rencana maksimum 120 km/jam, tebal balas 55 cm dan sub-balas 20 cm,
menggunakan bantalan beton dengan jarak 60 cm dan jenis penambat DE Spring Clips,

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 1780 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.