PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN DARI PERKERASAN LENTUR KE PERKERASAN KAKU PADA RUAS LINGKAR UTARA MIJEN - PEGANJARAN STA 0+000 - 2+336,5 KUDUS JAWA TENGAH DENGAN METODE NAASRA ( NATIONAL ASSOCIATION OF AUSTRALIAN STATE ROAD AUTHORITIES )

Aris Krisdiyanto, Resti Dwiyantoro, Mochamad Abdullah

Sari


Dengan meningkatnya arus lau lintas pada ruas jalan Lingkar Utara Mijen - Peganjaran, maka beban jalan yang diterima semakin besar, sehingga jalan akan mengalami penurunan kekuatan strutur. Ruas jalan tersebut mempunyai kondisi existing jalan yang bergelombang dan banyak lobang yang sangat berbahaya bagi pengguna jalan raya. Hal ini di karenakan konstruksi perkerasan saat ini yaitu perkerasan lentur tidak mampu menahan beban kendaraan yang melaju diatasnya. Melihat permasalahan tersebut, maka pada ruas jalan yang lebih kuat yaitu dengan menggunakan perencanaan perkerasan kaku.
Dari latar belakang tersebut, maka pada ruas jalan jalan Lingkar Utara Mijen - Peganjaran dilakukan perencanaan peningkatan jalan agar struktur jalan dapat menahan beban kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. Peningkatan jalan tersebut dari perkerasan lentur ke perkerasan kaku, dengan lebar jalan 4 x 3.50 m dan tebal 20 Cm.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 250 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.