STUDI KELAYAKAN TERMINAL BUS SISEMUT UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Aris Krisdiyanto, Kemmala Dewi, Yuliana Ari Palupi

Sari


Terminal merupakan sarana transportasi yang digunakan untuk pergantian moda angkutan umum, terminal berfungsi sebagai penunjang mobilisasi orang dan arus barang serta tempat perpaduan intra dan antar moda. Terminal bus sisemut ungaran atau Terminal bus kota ungaran merupakan salah satu terminal Tipe C yang berada di kota ungaran. Terminal bus ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Semarang dan dijalankan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kebutuhan fasilitas utama dan fasilitas penunjang, menganalisa ruang parkir yang efektif,menganalisa waktu pelayanan yang tepat,dan menganalisa penyebab penumpang tidak mau masuk ke terminal. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengkaji ulang pembangunan terminal.
Fasilitas utama dan fasilitas penunjang di terminal di bandingkan dengan fasilitas yang harus ada sesuai dengan peraturan terminal sisemut, perhitungan akumulasi parkir dihitung dengan melakukan pengamatan di terminal. Dan membagikan kuisioner kepada para awak bus,dan masyarakat disekitar terminal kemudian diuji menggunakan SPSS.
Terdapat beberapa fasilitas yang ada di terminal sisemut ungaran yang belum memadai dan dari hasil perhitungan parkir di dapat akumulasi parkir tertinggi adalah pada hari Senin,7 juni
2020 sebesar 242 kendaraan yang berada pada jam 14.00 – 17.00 wib. Setelah dilakukan uji spss didapat hasil sebesar 18,5% yang artinya studi kelayakan terminal sisemut kabupaten smarang dipengaruhi oleh kebutuhan fasilitas,waktu pelayanan,dan sebab akibat penumpang tidak mau masuk ke terminal.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 711 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.