KAJIAN KINERJA KERETA API “KALIGUNG MAS” DALAM MELAYANI PENUMPANG JURUSAN TEGAL – SEMARANG

Agus Bambang Siswanto

Abstract


Salah satu transportasi darat yang efisien, murah, cepat, dan aman adalah angkutan jalan rel yang lebih dikenal dengan kereta api. Semakin banyaknya keperluan masyarakat akan transportasi khususnya Tegal – Semarang yang disebabkan oleh banyaknya masyarakat disekitar Tegal, Pemalang, Pekalongan dan Batang yang memiliki usaha atau bekerja atau bahkan kuliah di Semarang atau sebaliknya yang menjadikan salah satu alasan banyak dibukanya jalur baru Tegal – Semarang. Salah satunya adalah angkutan jalan rel, untuk memenuhi keperluan masyarakat yang semakin meningkat.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuesioner. Daftar pertanyaan itu akan dijawab atau diisi oleh responden yang menjadi obyek penelitian. Setelah data primer diperoleh kemudian dilakukan pengolahan data dengan metode uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program Excel dan SPSS versi 17, setelah itu dianalisis dengan metode IPA (Importance Performance Analysis) dengan mengukur rata-rata Tingkat Kepuasan Pengguna KA dan Prioritas Penanganan untuk berbagai faktor, serta pembahasan dilakukan dengan mengevaluasi faktor-faktor sesuai dengan masing-masing kuadran hasil analisis IPA.
Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan metode uji validias menunjukkan bahwa semua item pernyataan yang diajukan dalam kuesioner adalah valid karena semua item mempunyai skor akhir yang masih diatas r tabel (0,235). Demikian pula dengan hasil uji reliabilitas yang menunjukkan tingkat signifikans yang tinggi karena korelasinya diatas nilai r tabel (0,235).
Hasil penelitian yang dianalisa dengan metode IPA menunjukkan bahwa tingkat kinerja dan pelayanan KA Kaligung Mas tergolong baik, dan dari ke 16 faktor yang diteliti terdapat 6 faktor yang masuk Kuadran I (Pertahankan Kinerja), 4 faktor masuk Kuadran II (Cenderung Berlebihan), 2 faktor masuk Kuadran III (Prioritas Rendah), dan 4 faktor masuk Kuadran IV (Tingkatkan Kinerja).
Adapun faktor yang mempengaruhi pengguna jasa untuk memilih KA Eksekutif Kaligung Mas jurusan Tegal-Semarang adalah faktor yang masuk dalam kuadran 1, 2, dan 3, yaitu : kenyamanan pada saat berada didalam kereta, ketepatan antara jadual dengan kenyataan, keramahan petugas dalam melayani penumpang, kebersihan toilet didalam kereta, kenyamanan dari gangguan cuaca, luas tempat duduk didalam kereta, keamanan pada saat berada di kereta, kondisi fisik kereta api, kebersihan didalam kereta, sirkulasi udara didalam kereta, harga tiket yang ditawarkan, penerangan didalam kereta.


Refbacks