Penerapan Metode Line of Balance pada Pembangunan Perumahan ( Studi Kasus pada Perumahan Permata Puri Ngaliyan Semarang )

Diyah Lestari

Sari


Perkembangan pembangunan perumahan di Indonesia saat ini menunjukan kemajuan yang sangat pesat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk dan peningkatan penghasilan perkapita masyarakat, sehingga kebutuhan perumahan semakin besar. Untuk itu sangat dibutuhkan perencanaan dan penjadwalan kegiatan proyek pembangunan perumahan yang baik sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi agar mempunyai nilai tambah terhadap pelaksanaan pembangunan perumahan tersebut.

Penelitian ini mengambil satu sampel pengembang perumahan di Semarang untuk dijadikan penelitian studi kasus penjadwalan kegiatan proyek pembangunan perumahan.data penjadwalan kegiatan proyek itu di aplikasikan pada metode Line of Balance untuk dianalisa, sehingga dapat mengetahui metode penjadwalan yang sesuai dan bagaimana pengaruh teknis dilapangan terhadap aplikasi penjadwalan tersebut.

Dari hasil penelitian didapat kesimpulan, penggunaan penjadwalan kegiatan proyek pembangunan perumahan dengan metode Bar Chart masih cukup baik, mengingat masih banyaknya kendala teknis dari faktor tenaga kerja yang tingkat ketrampilannya rendah, kepastian untuk bekerja selam proyek berlangsung sangat sulit, pengadaan material sering mengalami keterlambatan serta faktor cuaca yang berubah – ubah dalam waktu singkat. Apabila kendala – kendala teknis tersebut dapat diantisipasi, penggunanaan metode Line of Balance akan mempunyai nilai tambah yang lebih.

Karena penelitian ini masih tahap awal, maka perlu penelitian yang lebih mendalam agar mendapatkan hasil yang optimal.

 

Kata Kunci : Perumahan, metode Line of Balance, repetitive.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 674 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.