PENERAPAN PERATURAN PERUMAHAN DI KABUPATEN DEMAK

Diyah Lestari, Agus Bambang Siswanto

Sari


Pada masa sekarang ini pembangunan di sektor perekonomian mengalami peningkatan yang luar biasa. Dengan demikian meningkat juga kesejahteraan masyarakat, maka dari itu kebutuhan manusia akan semakin beragam, dan salah satunya kebutuhan akan tempat tinggal yaitu rumah. Salah satu pengembang rumah yang menawarkan salah satu perumahan yang layak huni yaitu Perumahan di kota Demak. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi yaitu bagaimana penjualan rumah dapat terus meningkat setiap tahunnya, padahal sekarang ini banyak bermunculan pengembang-pengembang perumahan yang berani memunculkan terobosan-terobosan baru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan menganalisis perumahan dari peraturan undang-undang no 1tahun 2011,tentang perumahan dan kawasan pemukiman, peraturan perumahan no 10 tahun 2012, tentang penyelenggaran perumahan dan kawasan pemukiman dengan hunian berimbang, RTRW (rencana tata ruang wilayah) kabupaten Demak, SNI 03-1733-2004, tentang RTH (ruang terbuka hijau).

            Penelitian ini dilakukan di kabupaten Demak, Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 33 perumahan dari 38 perumahan yang ada dikabupaten Demak dengan metode kuisioner.

            Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dari aturan undang-undang no1 tahun 2011, tentang perizinan perumahan telah dilaksanakan dengan baik dikabupaten Demak, peraturan perumahan no 10 tahun 2012 tentang hunian berimbang 94% pengembang masih membangun type kecil karena permintaan konsumen dan pembangunan perumahan boleh tidak dalam satu hamparan,RTRW (rencana tata ruang wilayah) lokasi-lokasi perumahan dikabupaten Demak sudah di sesuaikan dengan RTRW sehingga izin perumahan mudah didapatkan, SNI 03-1733-2004, tentang tata cara perencanaan lingkungan perumahan RTH (ruang terbuka hijau) minimal 30% dari lahan, 100% pengembang telah melaksanakan.

Kata Kunci : undang-undang no 1tahun 2011, peraturan perumahan no 10 tahun 2012, RTRW (rencana tata ruang wilayah), SNI 03-1733-2004.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 306 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.