PENGARUH BUNYI TERHADAP RUANGAN

agus supriyanto

Sari


Dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan berbagai bunyi yang terutama berasal dari suara bising lalu lintas kendaraan bermotor terhadap ruangan. Perkembangan berbagai jenis Transportasi darat di perkotaan mengalami pertumbuhan demikian pesatnya, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Sehingga perlunya mendesain bangunan sejak awal untuk memikirkan upaya-upaya meminimalkan / mengantisipasi pengaruh kebisingan yang berasal dari kendaraan bermotor terhadap ruangan yang berada dalam bangunan. Khususnya yang memerlukan ketenangan, seperti ruang belajar / sekolah, kantor, rumah sakit dan sebagainya. Oleh karena itu perlu adanya pengendalian lingkungan bangunan gedung yang bertujuan yaitu:

a. meningkatkan kondisi pendengaran untuk produksi, transmisi dan persepsi dari bunyi – bunyian yang dikendaki dalam suatu ruang.

b. menghindari dan mereduksi bising dan vibrasi yang merugikan terhadap kesehatan, kenyamanan, dan produktivitas kerja manusia.

Jadi secara khusus dapat dikatakan bagaimana meningkatkan standar berkualitas lingkungan auditory / pendengaran yang baik ditinjau dari aspek Akuistik Bangunan.

Kata kunci : Bunyi, kebisingan, pengendalian, akuistik, bangunan


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 541 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.