PENGARUH LEBAR PONDASI TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH PADA PONDASI PLAT PERSEGI

bambang widodo

Sari


Pondasi plat setempat/telapak merupakan pondasi yang yang sejak lama sudah digunakan untuk menopang bangunan. Pondasi telapak direncanakan untuk menahan beban bangunan yang dihantarkan oleh kolom. Pemakaian telapak harus memperhatikan faktor-faktor bentuk, kedalaman dan kemiringan dalam perencanaannya. Kemampuan tanah itu sendiri harus mampu mendukung pondasi tanpa kegagalan geser (Shear Failure) dan dengan penurunan (Settlement) yang dapat ditolerir untuk pondasi tersebut, kriteria penurunan akan menentukan daya dukung yang diijinkan, tetapi pada beberapa kasus gaya geser pondasi membatasi daya dukung ijin.

Penelitian ini mengkaji pengaruh lebar pondasi terhadap daya dukung tanah pada pondasi persegi. Metoda yang di gunakan dalam peneltian ini adalah pemberian gaya pada plat baja yang relatif kaku dengan ukuran 5 cm x 5 cm, 10 cm x 10 cm , 15 cm x 15 cm, dan 20 cm x 20 cm2 di atas tanah lunak remoulded hingga pondasi tersebut runtuh, batasan analisis keruntuhan pondasi adalah keruntuhan pada tanah setelah mengalami penurunan sebesar 2,5 cm.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin lebar pondasi maka daya dukung tanah semakin berkurang dengan koefesien (k) sebesar : k = -0,0017 ln (x)+1, dengan x adalah lebar pondasi persegi.

 

 

    

        Kata kunci:  Daya dukung pondasi, Lebar pondasi, Koefisien daya dukung.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 313 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.