PENGARUH CAMPURAN PASIR DAN SEMEN PADA REKAYASA PERBAIKAN TANAH EKSPANSIF DI DAERAH JALAN GODONG-PURWODAD

bambang widodo

Abstract


Pembangunan dan gerak pengembangan wilayah kota Purwodadi Jawa Tengah berkembang cukup pesat sehingga perlu didukung oleh sarana dan prasarana jalan akses yang memadai. Sebagian wilayah Purwodadi terdapat jenis tanah lempung yang kembang susutnya tinggi (tanah ekspansif). Daerah yang mempunyai kondisi tanah ekspansif ini jika berfungsi sebagai jalan akses, maka sering terjadi kerusakan jalan yang berulang-ulang setiap tahunnya. Untuk menanggulangi masalah tersebut maka perlu rekayasa teknik perbaikan tanah dasar sehingga kondisi tanahnya stabil. Salah satu cara yang sering digunakan adalah mencampur tanah dasar asli dengan berbagai material tambahan seperti semen, kapur, pasir, dan lain-lain. Penelitian ini mengusulkan perbaikan tanah dasar dengan material tambahan pasir dan semen.

Metode yang digunakan adalah dengan memberikan variasi pencampuran tanah + 2,5% pasir dan semen, tanah + 5% pasir dan semen, tanah + 7,5% pasir dan semen, tanah + 10% pasir dan semen, serta tanah asli (tanpa campuran) sebagai kondisi eksisting.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi prosentase campuran sehingga didapatkan perbandingan yang efisien antara semen dan pasir dengan tanah dasar dalam usaha untuk perbaikan tanah dasar ekspansif. Metode CBR digunakan untuk melihat pengaruh campuran tersebut.

        Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kadar campuran berupa pasir dan semen sampai dengan persentase 7,5% menunjukkan peningkatan pada nilai Berat Isi Kering maksimum, Kadar Air Optimum, nilai CBR tanah, nilai Batas Cair, Batas Plastis, Indek Cair, Indek Plastis dan Batas Susut.

    

        Kata kunci:  Perbaikan tanah, tanah ekspansif, Semen dan pasir, CBR.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.