Dekonstruksi dan Patologi Sosial: Studi Kasus pada Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Solo Raya

Indra Kertati

Sari


ABSTRACT

Drug abuse and circulation that hit the world also affected Indonesia. Drugs and psychotropic drugs have penetrated the territory of the country and targeted various Indonesian people without exception. The target of drug trafficking is not only nightclubs, but has also spread to residential areas, campuses, schools, boarding houses and even in the household environment. This is the social pathology as formulated by Gillin and Gillin. The aim is to describe the social pathology of drug abuse and BNN's steps in deconstructing drug prevention, eradication, abuse and distribution in Solo Raya. The results showed that drug trafficking had targeted children and adolescents, which resulted in considerable casualties and the final effect was a decrease in moral decadence for children and adolescents. Deconstruction is carried out by presenting the National Narcotics Agency at the district level of the city that is considered strategic, which is an effort to break the pathology to the final point of achievement. This deconstruction was successful, because BNN in the region cooperated with the police, and synergized with villages and villages to limit drugs. An important finding of this research is the deconstruction that was built to expand the reach of BNN to find various pathologies of drug abuse. Pathology cannot be avoided, but can be prevented and controlled.

Keywords: drugs, deconstruction, police, BNN, pathology

ABSTRAK

Perkembangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang melanda dunia juga berimbas ke tanah air. Narkoba dan obat-obatan psikotropika sudah merambah ke seluruh wilayah tanah air dan menyasar ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia tanpa kecuali. Sasaran peredaran narkoba bukan hanya tempat-tempat hiburan malam, tetapi sudah merambah ke daerah permukiman, kampus, ke sekolah-sekolah, rumah kost dan bahkan di lingkungan rumah tangga. Inilah patologi sosial sebagaimana yang dirumuskan oleh Gillin and Gillin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan patologi sosial yang terjadi dalam penyalahgunaan narkoba dan langkah-langkah BNN dalam melakukan dekonstruksi dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Solo Raya. Hasil penelitian menunjukan bahwa peredaran narkoba sudah menyasar pada anak-anak dan remaja, yang mengakibatkan jatuh korban yang cukup banyak dan efek akhirnya adalah menurunnya dekadensi moral bagi anak dan remaja. Dekonstruksi yang dibangun oleh BNN dengan menghadirkan BNN di tingkat wilayah kabupaten kota yang dianggap strategis, adalah upaya membongar patologi hingga pada titik akhir pencapaian. Dekonstruksi ini berhasil, karena BNN di wilayah selain bekerjasama dengan aparat kepolisian, juga membangun sinergitas dengan desa dan kelurahan untuk memberatas narkoba yang paling dekat. Temuan penting dari penelitian ini adalah dekonstruksi yang dibangun telah meluaskan jangkauan bagi BNN untuk menemukan berbagai patologi penyalahgunaan narkoba. Patologi tidak dapat dihindari, namun dapat dicegah dan dikendalikan.

Kata kunci : narkoba, dekonstruksi, polisi, BNN, patologi

Teks Lengkap:

XML


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/mia.v17i1.1455

Article Metrics

Sari view : 1111 times
XML - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




P-ISSN BARCODE