PERAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN KELUARGA MELALUI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA

Bambang Agus Windusancono, M Daenie

Sari


ABSTRAK

         Perempuan memiliki peran penting dalam mendukung kemajuan dunia dan perkembangan manusia setiap era kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan agar bisa melakukan adaptasi pada perkembangan zaman, hal ini memberi peluang perempuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pola asuh  keluarga dan kreatifitasnya sesuai profesi yang ditekuni. Baik buruknya bangsa tergantung pada baik buruknya perempuan dalam membimbing keluarga dalam menjalankan fungsi manusia secara utuh sebagai warga negara yang beretika,berbudaya dan khususnya berjiwa Pancasila di Indonesia. Hal ini juga terlihat dari peran, fungsi, dan Profesi perempuan yang ada disemua bidang kehidupan, mulai dari perempuan dalam keluarga, perempuan dalam masyarakat, perempuan dalam dunia industry, perusahaan, politik, profesi.         Kemampuan dan keahlian perempuan bisa lebih baik apabila memperoleh pelatihan, Pendidikan dan pengalaman hidup dalam aktivitas sehari-hari. Tujuan makalah ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh perempuan masa kini dalam penerapan nilai Pancasila. Untuk mendeskripsikan kemampuan perempuan tersebut dalam implementasi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, perlu dilihat dari  data dan kehidupan perempuan di masyarakat.

Dalam menyajikan data dari makalah ini menggunakan metode deskriptif eksploratif dan dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan dokumentasi lainnya yang mendukung. Berdasarkan data tersebut didapatkan hasil bahwa peran perempuan sangat penting dalam kehidupan bangsa dan negara yang dimulai dari memberikan pengetahuan dan pengalaman untuk anak-anaknya atau dengan kata lain “Ibu merupakan perpustakaan pertama seorang anak”. Sehingga dapat disimpulkan terkait  Pendidikan Pancasila adalah perempuan mampu memberi bimbingan dan pendampingan yang pertama dalam pola asuh anak dalam implementasi langsung nilai-nilai Pancasila sejak dini,

 

Kata Kunci: Peran Perempuan, Implementasi, Nilai Pancasila.

 

ABSTRAC

           Women have an important role to support the progress of improvement and  development from each era of human life. Continues development to adapted changes of this era, it gives women the opportunity to increase their ability in family upgrading and their creativity according to the profession they are engaged. Unfortunately the good or bad of a nation depends on the goodness or badness of women in guiding the family member in carrying out human functions as a whole as citizens who are ethical, cultured and especially with the spirit of Pancasila in Indonesia. This can also be seen from the roles, functions, and professions of women in all areas of life, starting from women in the family, women in society, women in industry, companies, politics, professions. Women's abilities and expertise can be improved if they receive training, education and life experience in daily activities.The purpose of this paper is to explain how much women influence  human life to implementing and the realized of Pancasila values.

           To describe the ability of these women in implementing Pancasila values in the lifetime. it is necessary to look at the data and the lives of women in society. To present the data from this paper using descriptive exploratory methods and data collection techniques through literature studies and other supporting documentation. Based on these data, it was found that the role of women is very important in the lifetime of the nation and state, starting from providing knowledge and experience for their children or in other words "Mother is like a first library to her children ". That it can be concluded related to Pancasila  that education is that women are able to provide the first guidance and education in child upbringing by direct implementation of Pancasila values from an early age.

 

Key word  : Role Of Women, Implementation, Values Pancasila”

Kata Kunci


Peran Perempuan, Implementasi, Nilai Pancasila

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/mia.v19i1.2971

Article Metrics

Sari view : 618 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




P-ISSN BARCODE