Kinerja Pemerintah Daerah : Akankah berbeda Setelah Penerapan E-Government?

Drs. Suparno, M.Si Drs. Suparno, M.Si

Sari


Melalui Instruksi Presiden No. 6/2001 tgl. 24 April 2001 tentang Telematika (Telekomunikasi, Media dan Informatika) Inisiatif E-Government di Indonesia telah diperkenalkan. Melalui E-Government ditekankan bahwa aparat pemerintah harus menggunakan teknologi telematika untuk mendukung good governance dan mempercepat proses demokrasi. Tujuan dari e-Government diperkenalkan dengan tujuan yang berbeda di kantor-kantor pemerintahan. Administrasi publik merupakan salah satu tempat dimana teknologi Informasi dapat berperan serta menjadi media bagi masyarakat untuk memperoleh layanan dari pemerintah yang berupa pelayanan yang mendasar dan mensimplifikasi hubungan antar pemerintah dan masyarakat.
Teknologi informasi merupakan salah satu cara untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Kondisi saat ini dapat digambarkan bahwa pelayanan public dan penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan sebagaiamana yang diharapkan. Pelayanan public dan respon pemerintah kurang cepat dalam menghadapi berbagai fenomena dan permasalahan yang dihadapi. Setelah diterapkan e-government kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat meningkat. Penerapan e-government mendesak untuk segera dilaksanakan terutama dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan public sudah banyak yang berbasis technology informasi namun demikian sampai dengan saat ini belum mampu meningkatkan kinerja aparatur. Peningkatan e-government berpengaruh langsung pada peningkatan pelayanan public pada gilirannya akan berberpengaruh pada peningkatan kinerja. Namun berdasarkan kajian di atas dapat disimpulkan bahwa setelah adanya e-government kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan belum berubah atau berubah sebelum seperti yang diharapkan. Kinerja E-government di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah belum sesuai dengan harapan. Banyak e-government blum mampu sepenuhnya menunjang peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan.
Rekomendasi :Berdasarkan tulisan ini rekomendasi yang diperoleh adalah:
a. Peningkatan kinerja pemerintah tidak dapat hanya mengandalkan e-government namun juga harus diikuti oleh peningkatan kompetensi aparatur.
b. Pengembangan e-government sangat berpengaruh pada peningkatan pelayanan public oleh karena itu pengembangan e_government harus ditempatkan pada skala prioritas dengan pengalokasian dana yang cukup dilaksanakan secara bertahap.
c. Untuk mendukung peningkatan kinerja e-government perlu didukung oleh peningkatan kinerja aparatur.
d. Peningkatan akuntabilitas, transparansi, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan melalui operasionalisasi e-government harus didukung oleh perubahan mindset dari aparatur sehingga dalam benar-benar memberikan pelayanan yang professional kepada masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF ##common.remote##

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Isi Naskah diluar tanggung jawab penerbit.

ISSN: 9772581101001

SK no. 0005.25811010/JI.3.1/SK.ISSN/2017.08 - 7 Agustus 2017

Email: fisip@untagsmg.ac.id

http://u.lipi.go.id/1497577694