IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR DI ERA PANDEMI COVID-19

Karningsih Karningsih

Sari


ABSTRAK

 

Program Indonesia Pintar bertujuan untuk   menjamin semua  anak usia sekolah  untuk menempuh pendidikan ,  dan kesempatan belajar.Bantuan dana Program Indonessia Pintar ini sangat membantu  siswa untuk memenuhi kebutuhan sekolah, apalagi ketika munculnya wabah pandemi covid-19 berdampak pada semua sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan yang mengharuskan siswa belajar di rumah, hal ini tidak  selalu menguntungkan bagi siswa dari keluarga miskin, karena tuntutan biaya hidup yang tinggi orang tua menyebabkan pemanfaatan dana PIP tidak digunakan untuk biaya sekolah siswa, melainkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga . pembelajaran selama pandemi Covid -19 secara online bisa dilakukan dengan fasilitas internet, pulsa dan gadget,  Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif,  fokus penelitian yaitu komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan disposisi.. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  implementasi Program Indonesia Pintar di SMP Negeri 1 Japah Kabupaten blora  belum optimal  dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan siswa ,). Komunikasi program PIP dilakukan melalui sosialisasi pemanfaatan bantuan dana PIP, dan  tidak ada pengawasan dalam pemanfaatan bantuan  dana. Struktur birokrasi sederhana  oleh pihak sekolah kepada orang tua siswa,Sumber daya manusia sudah melaksanakan tanggung jawabnya, tetapi sumber  dana mengalami masalah pendistribusian karena kurang tepat waktu,  dilihat dari disposisi (sikap) implementor memberikan pelayanan dengan baik.

 

Kata Kunci  : Implementasi, Program Indonesia Pintar, Sekolah Menengah Pertama,Pandemi covi19

 

 

ABSTRACT

 

The Smart Indonesia Program aims to ensure that all school-age children have access to education and learning opportunities. The Smart Indonesia  Program funding assistance greatly helps students to meet their school needs, especially when the emergence of the COVID-19 pandemic has an impact on all sectors of life, including the education sector. requires students to study at home, this is not always beneficial for students from poor families, because parents' high cost of living demands cause the use of The Smart Indonesia  Program funds not to be used for student tuition fees, but to meet family needs online learning during the Covid-19 pandemic can be done with internet facilities, pulses and gadgets, The research approach is descriptive qualitative, the research focus is communication, resources, bureaucratic structure, and disposition. The results show that the implementation of the Smart Indonesia Program at SMP Negeri 1 Japah, Blora Regency has not been optimally utilized for the educational needs of students,). The Smart Indonesia  Program program communication is carried out through socialization of the use of The Smart Indonesia  Program funding assistance, and there is no supervision in the use of funding assistance. A simple bureaucratic structure by the school to parents of students, Human resources have carried out their responsibilities, but the source of funds is having problems with distribution because it is not timely, seen from the disposition (attitude) of the implementor to provide good service.

 

Keywords: Implementation, Smart Indonesia Program, Junior High School, Covid-19 Pandemic

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/psgj.v2i02.2276

Article Metrics

Sari view : 491 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2797-9083 (media online)