PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA GURU MADRAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan)

Hendy Dwi Mulyono, Tri Lestari Hadiati

Sari


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini menganalilis pengaruh pelayanan administrasi,  pembelajaran daring  terhadap kinerja guru MI di Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan. Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian eksplanatori yaitu berguna untuk menjelaskan sebab akibat variabel yang melatar belakangi suatu keadaan sosial tertentu dan menilai pengaruh antara variabel satu dengan variabel lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan pertama sebagian besar responden, yaitu 56% menyatakan pelayaan administrasi dilakukan dengan baik sekali, sebagaimana nilai skor kumulatif sebesar 88.91% memiliki pengertian bahwa pelayanan administrasi  untuk kebutuhan para siswa, para guru dan kepala sekolah yang dilakukan sangat baik. Kedua menunjukan bahwa, sebagian besar responden, yaitu 64 % menyatakan bahwa Pembelajaran dilakukan dengan lancer, karena wilayah di setiap sekolah sudah ada fasilitas internet yang terjangkau, yang mampu menunjang pembelajaran secara online. Sebagaimana nilai skor kumulatif sebesar 85.33 % memiliki pengertian bahwa pembelajaran daring yang dilakukan sudah bagus, terutama dalam hal proses belajar mengajar melalui PC, laptop, dan smartphone. Ketiga menunjukan bahwa sebagian besar responden, yaitu 64% menyatakan selalu dapat menyelesaikan jumlah pekerjaan sesuai dengan standar Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kinerja Guru MI termasuk dalam bagus, terutama dalam hal mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengavaluasi siswa. Keempat menunjukan bahwa tingkat pengaruh antara variabel bebas Pelayanan Administrasi,  Pembelajaran Daring dengan variabel terikat Kinerja Guru sebesar 0,932,  bermakna tingkat pengaruh tersebut masuk kategori sangat kuat.  

Kata Kunci: pembelajaran, daring, pandemic covid 19, pelayanan, administrasi, kinerja, guru

 

ABSTRACT

 

The aim of this study is to analyze the effect of administrative services, online learning on the performance of MI teachers in Penawangan District, Grobogan Regency. This type of research is an explanatory research type, which is useful for explaining the cause and effect of the variables underlying a certain social situation and assessing the effect of one variable on another. The results of this study show that firstly, most of the respondents, namely 56% stated that administrative services were carried out very well, as the cumulative score of 88.91% had an understanding that administrative services for the needs of students, teachers and principals were carried out very well. The second shows that, most of the respondents, namely 64% stated that learning was carried out smoothly, because the area in each school already had affordable internet facilities, which were able to support online learning. As a cumulative score of 85.33%, it means that online learning is good, especially in terms of the teaching and learning process through PCs, laptops, and smartphones. Third, it shows that most of the respondents, namely 64%, stated that they could always complete the amount of work in accordance with the performance standards of Madrasah Ibtidaiyah teachers. The performance of MI teachers is good, especially in terms of educating, teaching, guiding, directing, training, assessing, evaluating students. Fourth, it shows that the level of influence between the independent variables of Administrative Services, Online Learning and the dependent variable of Teacher Performance is 0.932, meaning that the level of influence is in the very strong category.

Keywords: learning, online, pandemic covid 19, service, administration, performance, teacher

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/psgj.v3i01.2789

Article Metrics

Sari view : 274 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2797-9083 (media online)