PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP) PADA KELOMPOK BERMAIN CERIA KOTA SEMARANG

Heru Winarsih, Karsiati Karsiati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada Kelompok Bermmain CERIA Kota Semarang dan Kendala Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada Kelompok Bermmain CERIA Kota Semarang. Obyek pada penelitian ini adalah Kelompok Bermain Ceria Kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan data primer yang berupa wawancara serta data sekunder yang berupa mengumpulkan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan ada 3 (tiga) yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan Conclution Drawing / Verivication.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem Informasi Akuntansi sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan maupun lembaga pendidikan. Terlihat dari pembahasan sistem informasi akuntansi sudah dilakukan atau diterapkan di beberapa lembaga pendidikan, terutama dalam sistem kas masuk dan kas keluar. Sistem informasi akuntansi yang sudah berjalan baik di lembaga pendidikan, akan sangat membantu lembaga pendidikan tersebut untuk mencegah kecurangan selisih antara kas masuk dengan kas keluar dan tidak terjadi tindakan – tindakan penyelewengan yang dapat merugikan lembaga pendidikan.

Kata Kunci :  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sistem Informasi Akuntansi, Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Abstract

This study aims to determine the Application of Accounting Information Systems in the Management of Educational Operational Assistance (BOP) in the CERIA-Based Group of Semarang City and the Obstacles of Accounting Information Systems in the Management of Educational Operational Assistance (BOP) in CERIA Leaders in Semarang. The object of this study was the Cheerful Play Group of Semarang City. Data collection uses primary data in the form of interviews and secondary data in the form of collecting documentation. Data analysis techniques used are 3 (three), namely data reduction (data reduction), data display (data presentation), and Conclusion Drawing / Verivication.

The results of the study show that the Accounting Information System is needed by a company or educational institution. It can be seen from the discussion of accounting information systems that have been carried out or implemented in several educational institutions, especially in the cash collections and cash disbursment systems. An accounting information system that has been running well in educational institutions will greatly help these educational institutions to prevent fraud between the cash inflows and cash outflows and there are no acts of fraud that can harm educational institutions.

Keywords: Play Group (PAUD), Accounting Information System, Management of Educational Operational Assistance (BOP)


Kata Kunci


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sistem Informasi Akuntansi, Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP)

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v8i1.1033

Article Metrics

Sari view : 15431 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com