Pengaruh Moderasi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Hubungan Return On Equity(ROE) dan Nilai perusahaan

Dra. Suprantiningrum SE, Msi, Sabat Nugroho Asji SE

Sari


ABSTRACT

 

Nilai perusahaan menggambarkan seberapa baik atau buruk manajemen mengelola kekayaannya, hal ini bisa dilihat dari pengukuran kinerja keuangan yang diperoleh. Kinerja keuangan merupakan hal penting yang harus dicapai oleh setiap perusahaan, karena kinerja keuangan tersebut merupakan cerminan dari kemampuan perusahaan dalam mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya. Akhir-akhir ini, banyak perusahaan semakin menyadari pentingnya menerapkan program Corporate Social Responsibilty (CSR) sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu kesatuan sistem yang menjelaskan hubungan antara bermacam-macam faktor atau sebab yang menentukan tujuan dari performa prestasi suatu perusahaan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menentukan Pengaruh  GCG dan pengungkapan CSR terhadaphubungan keuntungan perusahaan  (ROE) dan nilai perusahaan.

Peneltian ini menggunakan data perusahaanmanufaktur yang sudah terdaftar di BEI pada tahun 2010-2012 terdapat 152 perusahaan. Pengambilan sampel dengan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan,diperoleh23 perusahaan sehingga jumlah sampel yang digunakan 69.setelah dilakukan transformasi dengan melakukan pembuangan data (outlier) jumlah sampel menjadi 66. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sig 0,002 (< 0,05). pengungkapan CSR tidak mempengaruhi hubungan antara kinerja keuangan (ROE) terhadap nilaiperusahaan (Tobins Q9) sig 0,243.Kepemilikan manajerial (GCG)tidak  mempengaruhihubungan antara kinerja keuangan (ROE) terhadap nilai perusahaan, Sig 0,093  (>0,05).


Kata Kunci


Return On Equity (ROE), pengungkapan CSR, Good Corporate Governance (GCG),nilai perusahaan

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v2i3.108

Article Metrics

Sari view : 1119 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com