KEY SUKSES FAKTOR ENTREPRENEUR ACTIVITY BERDASAR GENDER DALAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN. (STUDI UKM DI KABUPATEN SEMARANG

Dra. Sri Suprapti SE,MM, Joko Riyanto, SE,MM

Sari


Abstraksi

 

Dalam perkembangan jaman seperti saat ini dunia intrepreneur tidak hanya didominasi oleh kaum pria tetapi kaum perempuan juga telah mengambil bagian ini.Perempuan bekerja saat inipun telah banyak kita temui, posisi jabatannya beragam.Tetapi sebagai perempuan akan lebih tertarik untuk bekerja dengan pengaturan waktu yang lebih fleksibel dikarenakan untuk perempuan yang telah berkeluarga hal ini sebagai pertimbangan untuk tetap dapat mengurus keluarga.  Perempuan hadir dalam dunia usaha dan dunia kerja mempunyai beberapa alasan, diantaranya emansipasi, pendidikan yang semakin tinggi, membantu ekonomi keluarga, pengembangan diri dll. Dalam kenyataan masih banyak wanita bekerja sebagai entrepreneur berposisi sebagai co- intrepreneur .

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi proses pembelajaran dan menambah keilmuan dibidang kewirausahaan berdasar perbedaan gender dan hubungan dengan pengembangan usaha UMKM di Kabupaten Semarang, sehingga kewirausahaan perempuan dapat dipandang sebagai kekuatan utama untuk inovasi dan penciptaan lapangan kerja .dan dapat mengurangi kesenjangan gender dan standar hidup , terutama di negara-negara berkembang, dan para instansi terkait dapat memberikan fasilitas yang memadai dalam pengembangan UKM perempuan khususnya Kabupaten Semarang.Serta mengetahui factor-faktor dominan yang dapat mempengaruhi wirausaha perempuan.

Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha wanita di Kabupaten Semarang yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan pengrajin, dengan jumlah sampel 60 responden. Metode pengumpulan data menggunakan quesioner yang dibagikan kepada responden dilokasi penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Hasil olah data menggunakan program SPSS versi 17 diperoleh nilai   Component Matrixmasing-masing faktor adalah faktor ekonomi (X1) 0,746, faktor tehnologi (X2) 0,981, faktor sosio demografi (X3)  0,957, faktor persepsi (X4) 0,968, faktor kurang percaya diri(X5) 0,988. Kelima faktor memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap aktivitas perempuan dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Semarang adalah kurang percaya diri.


Kata Kunci


Key Sukses, Entrepreneur, Gender, Pengembangan



DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v2i3.114

Article Metrics

Sari view : 656 times
PDF (English) - 0 times PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com