ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (STUDI KASUS PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL HSO SEMARANG)

Gita Sugiyarti

Sari


Globalisasi menyebabkan munculnya perdagangan bebas  sehingga  persaingan di dunia perdagangan sangat ketat . Apalagi dengan adanya barang dan jasa dari suatu negara yang bersaing dengan produsen dengan negara lain yang dapat  menarik minat konsumen di dalam perdagangan internasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran ( promosi, kualitas produk, harga dan layanan purna jual ) terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli Sepeda Motor Honda di PT. Astra International HSO Semarang tahun 2013 yakni sebanyak 630 orang pengguna sepeda motor Honda , dengan sampel sejumlah 56 responden. Teknik  analisis  data  menggunakan  Regresi  linier  berganda  dengan bantuan program komputer SPSS . Hasil penelitian didapat variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap  Keputusan  pembelian  adalah  variabel  Promosi,  Layanan purna jual.  Sedangkan  variabel  kualitas produk, harga  tidak  berpengaruh  signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Pembelian, Layanan, Kualitas Produk

Globalization led to the emergence of free trade in world trade so that the competition is very tight. Especially with the goods and services of a country that compete with producers in other countries are able to attract consumers in the international trade. The purpose of this study was to determine the effect of marketing mix (promotion, product quality, price and after-sales service) to the purchasing decision. The population in this study are all consumers who buy a Honda Motor cycle PT. Astra International HSO Semarang in 2013 that as many as 630 people a Honda motorcycle users, with a sample of 56 respondents. Analysis using multiple linear regression with the help of a computer program SPSS. The result is independent variables that significantly influence the purchase decision is variable promotion, after-sales service. While the variable quality of the product, the price does not significantly influence the product purchase decision.

Keywords: Marketing Mix, Purchasing, Services, Product Quality


Kata Kunci


Pemasaran, Pembelian, Layanan, Kualitas Produk

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v3i1.122

Article Metrics

Sari view : 2100 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com