PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI PADA PERUM DAMRI ANGKUTAN BANDARA DI KOTA YOGYAKARTA

Suparmi Suparmi, Budi Setyo Pramoono

Sari


Transportasi pada saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena transportasi merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan perkembangan suatu negara. Berkembangnya kota Yogyakarta membuat kebutuhan akan sarana transportasi semakin meningkat. Bahkan saat ini, ada angkutan yang dikhususkan untuk mengangkut penumpang dari bandara menuju tempat tujuan dan juga sebaliknya. Permintaan akan sarana transportasi tersebut juga semakin meningkat, sehingga perlu ditingkatkan sarana dan prasarana transportasi untuk mengimbangi jumlah permintaan jasa transportasi angkutan khusus bandara.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pengguna jasa transportasi pada Perum DAMRI angkutan bandara di Kota Yogyakarta.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa angkutan bandara Perum DAMRI di Kota Yogyakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik random sampling khususnya menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh persamaan analisis regresi berganda yaitu, Y = 0,197 + 0,217 X1+ 0,224 X2 + 0,223 X3 + 0,376 X4. Dari persamaan regresi tersebut dapat dilihat bahwa semua variabel bebas yang digunakan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan pengguna yaitu variabel ikatan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,217, variabel empati sebesar 0,224, variabel timbal balik sebesar 0,223, dan variabel kepercayaan sebesar 0,376. Dari hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 95,230 > F tabel 2,47 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang berarti bahwa secara simultan variabel ikatan, empati, timbal balik, dan kepercayaan mempunyai pengaruh yang positif dan signifkan terhadap kepuasan pengguna. Nilai koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,792 yang berarti bahwa 79,2% kepuasan pengguna dapat dijelaskan oleh variabel ikatan, empati, timbal balik, dan kepercayaan.

Kata Kunci        : Ikatan, Empati, Timbal Balik, Kepercayaan, dan Kepuasan Pengguna.

ABSTRACT

Transportation nowadays has become a very important requirement for human life, because transportation is one of the elements that determine the development of a country. The growing city of Yogyakarta makes the need for transportation is increasing. Even today, there are shuttles are devoted to transport passengers from the airport to the destination and vice versa. Demand for transportation is also increasing, so it needs to be improved transportation facilities and infrastructure to offset the amount of demand for freight transport services specific airport.

This study aimed to analyze the influence of relationship marketing to satisfaction of users of transport services in Perum DAMRI freight airport in the city of Yogyakarta.

The population in this study are all users of transportation services Perum DAMRI airports in Yogyakarta. Used as a sample of 100 respondents by random sampling technique, especially using simple random sampling. Data collection techniques using questionnaires, and data analysis used is multiple linear regression analysis.

From the results of research conducted multiple regression equation, namely, Y = 0.197 + 0.217 X1 + 0.224 X2 + 0.223 X3 + 0.376 X4. From the regression equation it can be seen that all the independent variables used have a positive influence on user satisfaction is the variable bond with regression coefficient of 0.217, 0.224 of empathy variable, the variable reciprocal of 0.223, and the confidence variable of 0.376. From the test results obtained F calculated F value of 95.230> F table 2.47 significance level of 0.000, which means that variables simultaneously bonding, empathy, reciprocity, and trust has a positive and significant impact on user satisfaction. The coefficient of determination obtained a value of 0.792, which means that 79.2% user satisfaction can be explained by the variable bond, empathy, reciprocity and trust.

Keywords: Bonding, Empathy, Reciprocity, Trust and User Satisfaction.


Kata Kunci


Ikatan, Empati, Timbal Balik, Kepercayaan, dan Kepuasan Pengguna

Teks Lengkap:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v4i2.159

Article Metrics

Sari view : 475 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com