Marketing Performance of SMEs at Demak Regency
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pengusaha UMK bidang usaha makanan/makanan olahan/kuliner di Kabupaten Demak yang berjumlah 81 pengusaha yang tercatat di Dindagkop dan UMK Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel non acak dengan cara cara total sampling atau sampel jenuh atau sampel sensus. Jenis datanya primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya dengan wawancara dan studi pustaka dengan kuesioner sebagai alat bantu. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Inovasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Kata Kunci : Inovasi, Orientasi pasar, Kinerja Pemasaran
Abstract
This study aims to determine the effect of innovation and market orientation on marketing performance. The population and sample of this study were UMK entrepreneurs in the field of food / processed food / culinary business in Demak Regency, amounting to 81 entrepreneurs registered at Dindagkop and UMK in Demak Regency. The sampling technique used is non-random sampling by means of total sampling or saturated samples or census samples. Primary and secondary data types. The method of data collection is by interview and literature study with a questionnaire as a tool. The analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that: Innovation effects on marketing performance was positive not significantly. Market orientation effects on marketing performance was positive not significantly.
Keywords : Innovation, Market orientation, Marketing Performance
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v9i2.1714
Article Metrics
Sari view : 1888 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190
Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan
Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com