Online Shop Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Di Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid 19

Sri Puji Lestari, Mustikaningrum Hidayati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian di Online Shop yang dilakukan oleh Mahasiswa di Kota Semarang Pada masa pandemi covid 19 yang terdiri dari gaya hidup, orientasi belanja, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan kualitas informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Kota Semarang yang pernah melakukan pembelian secara online. Sampelnya mahasiswa dari 7 Perguruan Tinggi yang ada di Kota Semarang (Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang (UNNES),   Universitas 17  Agustus   1945    ( UNTAG ) Semarang, UNIKA Soegiyopranoto, Universitas   Dian   Nuswantara ( UDINUS ) ,  Universitas  Islam Sultan   Agung ( Unissula ) Semarang dan Politeknik Negeri Semarang ( POLINES ). Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Random sampling, yaitu dengan purposive sampling dengan kriteria: mahasiswa yang masih aktif terdaftar, minimal telah dua kali melakukan pembelian online. Quota sampling dengan jumlah yang ditentukan sebanyak 70 responden dan accidental sampling. Alat analisis data menggunakan Regresi linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan   bahwa gaya hidup, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Pembelian Di Online Shop  yang dilakukan  oleh mahasiswa Di Kota Semarang pada masa Pandemi Covid 19. Sedangkan orientasi belanja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Abstract

This study was to analyze the factors that affect the purchasing decisions at the online shop made by college students in the city of Semarang during the Covid 19 pandemic which consists of lifestyle, shopping orientation, perceived ease, perceived risk and quality of information. The population in this study were college students in the city of Semarang who had made online purchases. The sample are college  students from 7 universities in the city of Semarang (Diponegoro University, Semarang State University (UNNES), UNTAG Semarang, UNIKA Soegiyopranoto, Dian Nuswantara University (UDINUS), Sultan Agung Islamic University (Unissula) Semarang and Semarang State Polytechnic (POLINES) The sampling technique used non-random sampling, namely purposive sampling with the criteria: college students who are still actively registered, have made at least two online purchases, Quota sampling with a specified number of 70 respondents and accidental sampling Data analysis tools using multiple linear regression The results showed that lifestyle, perceived ease, perceived risk and quality of information had a positive and significant effect on purchasing decisions at online shops made by college students in the city of Semarang during the Covid 19 pandemic while shopping orientation has a positive and insignificant effect on purchasing decisions.


Kata Kunci


Lifestyle, shopping orientation, perceived convenience, perceived risk, quality information, purchase decisions, online shop

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v9i2.1798

Article Metrics

Sari view : 1172 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com