Pengaruh Keberhasilan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Gundi Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan

Christanto Bram

Sari


Desa Gundi Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan adalah salah satu desa yang melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan. Kami menyoroti tentang Keberhasilan PNPM mandiri Pedesaan terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di desa tersebut. Secara teori, program dikatakan berhasil dapat di ukur dari seberapa besar tingkat kesejahteraan masyarakat.

Desa Gundi yang terletak sekitar 17 km dari ibukota kabupaten mempunyai keadaan demografi yang beraneka ragam, dengan mayoritas penduduk bekerja di sektor pertanian serta tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi yang masih rendah diharapkan program PNPM dapat memberi dampak yang positif dan dapat mensejahterakan masyarakat setempat.

PNPM Mandiri Pedesaan adalah program pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. Visi PNPM Mandiri Pedesaan adalah tercapainya kesejahteraan dan kemandirian masyarakat miskin pedesaan.

Setelah kami melaksanakan pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan terbuka dan kuesioner dengan teknik sensus terhadap 33 responden yang merupakan anggota kelompok SPP, kami memperoleh hasil yang tidak signifikan. Ini mungkin dikarenakan tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih kurang sehingga mempengaruhi hasil perhitungan kami.

Dengan hasil penelitian kami, semoga menjadi perhatian pemerintah maupun semua elemen yang berkaitan dengan PNPM Mandiri Pedesaan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan.

Kata kunci : PNPM,  Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan, Pedesaan.


Kata Kunci


PNPM, Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan, Pedesaan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v4i3.246

Article Metrics

Sari view : 729 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com