ANALISIS KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL DALAM PENENTUAN PAJAK PENGHASILAN PADA PT. GAJAHMADA INDRASEHATI (HOTEL IBIS SIMPANG LIMA SEMARANG)

Tety Aprilla Rismawani, Nurchayati Nurchayati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui koreksi fiskal atas akun-akun pada laporan keuangan komersial PT. Gajahmada Indrasehati (Hotel Ibis Simpang Lima Semarang), agar dapat ditentukan pajak penghasilan perusahaan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif dengan analisis deskriptif, yaitu menguraikan secara menyeluruh koreksi-koreksi fiskal yang dilakukan pada PT. Gajahmada Indrasehati. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari : data primer, yaitu sumber data yang secara langsung diberikan seperti dokumen dan catatan yang digunakan, dan data sekunder, yaitu sumber data yang tidak memberikan informasi secara langsung berupa studi pustaka dan literatur-literatur yang terkait dengan penelitian ini.

Hasil penelitian ini adalah terdapat koreksi fiskal positif yang berakibat laba yang diperoleh berdasarkan laporan keuangan komersial berbeda dengan laporan keuangan fiskal, serta terdapat kurang bayar pajak penghasilan perusahaan. Untuk mengatasi hal tersebut, saran yang diberikan yaitu sebaiknya sebelum melaporkan SPT Tahunan PPh Badan kepada Dirjen Pajak, perusahaan melakukan koreksi fiskal sendiri, dan perusahaan dapat mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak dapat diakui/ dibebankan sesuai dengan UU PPh yang berlaku.

Kata Kunci: koreksi fiskal, laporan keuangan komersial, pajak penghasilan badan

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to acknowledge fiscal correction of commercial financial statement’s accounts at PT. Gajahmada Indrasehati (Hotel Ibis Simpang Lima Semarang), in order to determine the corporate income tax.

The method used is qualitative or explanatory research with descriptive analysis method that totally describes fiscal correction researched at PT. Gajahmada Indrasehati. This research use two kind of data: primary data,  that is data resource which directly given such as documents and notes by the company; and secondary data, that is data resource which not directly give an information such as libraries or literatures related with this research.

The result of this research there is positive fiscal correction that caused differences profit between commercial financial statement and fiscal financial statement. Also there is underpayment of corporate income tax. To solve the problem, the suggestion can give is before reporting SPT Tahunan PPh Badan to Dirjen Pajak, company should doing fiscal correction independently, and the company can decrease expenses that can’t be charged according to tax laws and regulations.

Keywords: fiscal correction, commercial financial statement, corporate income tax

Kata Kunci


koreksi fiskal, laporan keuangan komersial, pajak penghasilan badan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v5i1.326

Article Metrics

Sari view : 2413 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com