Pengembangan Model Perpindahan Massa pada proses Ekstraksi Cair – Cair dalam kolom isian Raschig Ring kaca dan Bola kaca dengan konsep Distribusi Tetesan

Priyono Priyono

Sari


Konsep satuan perpindahan merupakan konsep dasar yang sering digunakan  untuk evaluasi unjuk kerja kolom ekstrasi cair-cair. Adanya dinamika tetesan yang komplek, seperti yang telah dijelaskan dalam langkah pertama, maka dinamika tetesan harus diperhitungkan dalam penggunaan konsep satuan perpindahan. Faktor dinamika tetesan yang dilibatkan dalam pemodelan evaluasi unjuk kerja kolom isian berdasarkan konsep satuan perpindahan ialah dalam bentuk distribusi ukuran tetesan. Agar faktor tersebut dapat diperhitungkan, maka dalam pengembangan model evaluasi ini dilakukan pendekatan secara diskret dimana kolom isian dibagi dalam beberapa segmen dan ditiap segmen distribusi ukuran tetesannya dianggap tetap. Hal ini sesuai dengan pola kuantifikasi dinamika tetesan yang dikembangkan pada langkah kedua.

Adanya distribusi ukuran tetesan ditiap segmen menyebabkan adanya berbagai harga koefisien perpindahan massa pada segmen tersebut. Hal ini dikarenakan bahwa ukuran tetesan yang berbeda akan memberikan harga koefisien perpindahan massa yang berbeda baik di sisi fasa kontinyu maupun di sisi fasa dispersi. Dengan pendekatan diskret maka disetiap segmen harga masing-masing koefisen perpindahan massa dapat ditentukan sesuai dengan kelas diameternya. Dengan anggapan bahwa laju perpindahan solute sebanding dengan jumlah tetesan, maka harga koefisien perpindahan massa disuatu segmen diambil harga rata-rata dengan pembobotan yang sama dengan fraksi ukuran tetesan. Langkah ini memungkinkan untuk mengetahui harga teoritik tinggi segmen tersebut.

Pendekatan distribusi tetesan untuk proses ekstraksi cair – cair pada kolom isian merupakan cara pemecahan seksama untuk mencakup peran dinamika tetesan dalam peneracaan massa.

Model ekstraksi cair-cair yang diusulkan diperoleh melalui modifikasi Konsep Satuan Perpindahan (HTU – NTU) dengan memanfaatkan distribusi tetesan yang lebih seksama dan memberikan hasil perhitungan tinggi total bahan isian yang lebih baik


Kata Kunci


Distribusi Tetesan, Perpindahan Massa, Konsep Satua Perpindahan Massa



DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v2i2.54

Article Metrics

Sari view : 15579 times
PDF (English) - 0 times PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com