Analisis Model Multivariate Pertumbuhan Ekonomi Desa: Peran Modal Manusia

Prihatin TP Hutomo

Sari


Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahap III,  tahun (2015 – 2019) di Propinsi  Jawa Tengah  diarahkan pada pemantapan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan pencapaian daya saing wilayah dan masyarakat, berlandaskan keunggulan sumber daya manusia yang berkualitas.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh SKPD di 29 Kabupaten di Jawa Tengah , dan 6 Kota Di Jawa Tengah. Sampel terdiri dari 35 Kabupaten Kota diambil secara random , masing masing berjumlah 6 dan 10 responden yang di jadikan sampel di setiap SKPD. Dan total sampel yang di ambil  terdapat 212 responden. Data yang di ambil berupa data primer. Data di olah dengan AMOS

Hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis pertama modal manusia berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan infrastruktur desa. Hipotesis kedua modal manusia berpengaruh positif terhadap investasi pertanian. Hipotesis ke tiga  bahwa infrastruktur berpengaruh langsung terhadap meningkatnya investasi non pertanian. Hipotesis  keempat modal manusia berpengaruh langsung terhadap peningkatan investasi non pertanian. Hipotesis ke lima modal manusia  berpengarh langsung terhadap pertumbuhan ekonomi desa. Hasil ini membuktikan bahwa peran modal manusia sangat menentukan bagi pertumbuhan ekonomi desa, dengan demikian desa sangat membutuhkan manusia yang memiliki kompetensi untuk meningkatkan pertubuhan dan perkembangan serta kemajuan ekonomi desa.

Hipotesis ke delepan  investasi infrastruktur secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan  ekonomi desa. Infrastruktur menjadi sarana untuk kemajuan desa, karena akan mempermudah akses modal manusia untk berinvestasi di pedesaan.

Hipotesis ke enam investasi pertanian tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi desa, karena banyak modal manusia yang beralih kearah investasi bisnis lain yang lebih menguntungkan. Dan Hipotesis ke tujuh  investasi non pertanian  juga tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi desa; karena belum banyak pendatang yang masuk ke desa, karena tidak menarik  otomatis perputaran uang akan stagnan.


Kata Kunci


pembangunan, sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi desa, investasi pertanian, investasi infrastruktur

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id