Membangun Kompetensi Kapabilitas dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing

Sulistiyani Sulistiyani

Sari


Perusahaan mengembangkan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan,. Inovasi adalah kegiatan  pekerjaan, yang berkaitan otoritas, prestasi serta tanggung jawab, sedang orientasi pasar adalah suatu aktivitas terdiri dari pengetahuan tentang pasar, penyebaran pengetahuan tentang pasar  serta pengambilan tindakan yang digolongkan berdasarkan orientasi kepada pelanggan dan pesaing dengan dituntun oleh mekanisme koordinasi yang menjamin agar aktivitas tersebut dijalankan dengan efektif dan efisien Kompetensi kapabilitas akan berjalan dengan baik bila mendapat dukungan dari kemampuan teknologi oleh karena itu dalam kemampuan teknologi pihak perusahaan harus menggunakan teknologi yang tepat dan cara –cara untuk yang benar.  Keunggulan bersaing, adalah keunggulan sumber daya yang terdiri dari keunggulan keahlian dan keunggulan dalam bahan baku. Kinerja atau performance adalah segala sistem yang berhubungan dengan aktifitas dengan hasil (outcome) yang diperoleh.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini jumlahnya terbatas yaitu sebesar 132  usaha roti di jawa tengah.

Metode analisis yang dipakai adalah pendekatan R and D penelitian diawali dengan survey kegiatan  inovasi yang dilakukan dengan pengembangan model kinerja pemasaran. Penelitian dilakukan  pada usaha roti di Jawa Tengah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada umumnya para pengusaha roti cukup mampu mengumpulkan informasi kebutuhan pelanggan, cukup mampu mengumpulkan informasi keunggulan pesaing dan cukup mampu melakukan koordinasi antar fungsi. Pengusaha roti dalam melaksanakan kompetensi rancang adalah mampu  meningkatkan kemampuan bekerja kearah yang lebih baik, cukup mampu meningkatkan ketrampilan berdasar pengetahuan, serta cukup mampu meningkatkan pengetahuan berdasar pengalaman. Sedang keunggulan bersaing adalah  perusahaan roti cukup mampu  membuat rasa roti yang berbeda , rasa roti yang unik / khas, serta Rasa Roti yang sulit ditiru


Kata Kunci


Kompetensi kapabilitas, keunggulan bersaing, innovasi

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id